Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Press Conference Kinerja APBN 2022, KPKNL Palangka Raya Sampaikan Lelang UMKM dan PNBP Pengelolaan Kekayaan Negara
Rohman Juani
Senin, 28 Maret 2022   |   384 kali

Palangka Raya - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya menghadiri Press Conference Kinerja APBN Tahun Anggaran 2022 Provinsi Kalimantan Tengah s.d. 28 Februari 2022 pada Senin, (28/3) yang diselenggarakan di Aula Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB) Kalimantan Tengah.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Tengah Hari Utomo, Kepala KPPN Palangka Raya Muhtar Salim, Kepala KPP Pratama Palangka Raya Okto Syamsu Rizal, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis KPPBC Palangka Raya, Togap Maruasas Sihite, Pejabat Lelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya Zainul Arifin serta seluruh media yang diundang.


Pejabat Lelang Ahli Muda KPKNL Palangka Raya Zainul Arifin menyampaikan kinerja realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) terkait Pengelolaan Kekayaan Negara mencapai Rp1,68 M (24,75  persen) dengan kontribusi terbesar berasal dari PNBP Aset. “Dalam pengelolaan kekayaan negara juga didukung dari kinerja pelaksanaan sertifikasi, pelaksanaan SBSK (standar barang standar kebutuhan-red), dan elaksanaan portofolio,” ungkapnya.


Zainul Arifin juga menyampaikan Lelang UMKM yang dilakukan KPKNL Palangka Raya pada tanggal 24 Maret 2022 yang didukung oleh Pemprov Kalimantan Tengah, Pemkot Palangka Raya, Pemkab Kotawaringin Barat, beserta Pemda lain seluruh Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Kepala Kanwil DJPb Kalimantan tengah, Hari Utomo menyampaikan Perkembangan Fiskal Regional Kalimantan Tengah, Perkembangan Ekonomi Regional Kalimantan Tengah, Current Issues Regional Kalimantan Tengah.


Kinerja Pendapatan APBN lingkup Kalteng mengalami peningkatan sebesar Rp272 M (19,3 persen, y-o-y) akibat kenaikan harga komoditas unggulan Kalteng, yaitu batubara dan CPO. Sedangkan Kinerja Belanja APBN mengalami penurunan sebesar Rp321,4 M (9,3 persen, y-o-y), namun pada tahun 2022 ini terdapat juga penurunan pagu belanja sebesar Rp1.474,2 M (6,4 persen).

Current Issues Regional Kalimantan Tengah, disampaikan mengenai Perkembangan Covid-19 s.d. 28 Februari 2022, Pengaruh Konflik Rusia-Ukraina Terhadap Harga Komoditas Unggulan Kalteng, serta Pemberdayaan UMKM.


Pada kesempatan ini juga Okto Syamsu Rizal menyampaikan Program Pengungkapan Sukarela yang dilakukan oleh KPP Pratama Palangka Raya. Togap Maruasas Sihite, menyampaikan perihal Asistensi UMKM Berorientasi Ekspor pada KPPBC Palangka Raya.

Acara berjalan dengan lancar dan awak media antusias untuk bertanya mengenai materi yang sudah disampaikan. Dengan adanya press conference ini diharapkan keterbukaan data mengenai kinerja APBN Provinsi Kalimantan Tengah dapat tersampaikan ke masyarakat. (Teks/Foto: Rohman Juani: Seksi HI PKY).

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini