Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Focus Group Discussion Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022 "Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif"
Rohman Juani
Rabu, 23 Maret 2022   |   82 kali

Palangka Raya – Rabu (23/03), Kepala KPKNL Palangka Raya, R.B. Sigit Budi Prabowo membuka dan mengisi kegiatan FGD Pejabat  Administrator Triwulan I pada zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran eselon 4, pejabat fungsional dan seluruh pegawai KPKNL Palangka Raya. Focus Group Discussion dibuka pada jam 08.00 WIB dengan mengambil tema “Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif”.

Focus Group Discussion ini diawali dengan pemaparan mengenai Kondisi Keamanan Informasi Nasional dan Global. Pada materi Pengelolaan Keamanan Informasi Kementerian Keuangan, yang didalamnya menerangkanmengenai Serangan Siber di Kementerian Keuangan 2021, Pilar Pengelolaan Keamanan Infomasi Kementerian Keuangan, Organisasi TIK Kementerian Keuangan, Prinsip Keamanan Informasi.

Penerapan Keamanan Informasi pada Kementerian Keuangan, masing-masing individu bertanggung jawab terhadap kerahasiaan data, akun, password, PIN milik masing-masing. Dampak dari gangguan keamanan informasi dapat berupa rusaknya reputasi, kehilangan kekayaan intelektual, terganggunya kegiatan operasional, pencurian data, kerugian finansial, dan kehilangan trust dari stakeholder.

Pegawai Kementerian Keuangan bertanggung jawab atas keamanan informasi berupa, Keamanan fisik, Keamanan komputer, Pengelolaan kata sandi (password), Penggunaan internet dan WIFI, Perangkat lunak berlisensi, Insiden KI dan Kewaspadaan terhadap Malware dan Phising, Etika penggunaan media sosial, Kebijakan KI, Klasifikasi aset informasi dan kerahasiaan informasi.

Ancaman Keaman Informasi yang perlu diwaspadai oleh setiap pegawai berupa Ransomware, Phising, dan Social Engineering. Ransomware adalah salah satu bentuk malware dengan metodologi cryptovirology, yang mengancam untuk menyebarkan data atau memblok semua akses ke dalam data tersebut jika pemilik data tidak memberikan sejumlah uang tebusan. Phising adalah suatu upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang (data pribadi, data akun, data finansial) dengan teknis pengelabuan. Biasanya pelaku menggunakan website atau email palsu yang menyerupai aslinya. Social engineering adalah kegiatan untuk mendapatkan informasi rahasia/penting dengan cara memanipulasi pemilik informasi, mendapatkan kepercayaan korban untuk mencuri data, informasi, dan uang. Dijelaskan juga mengenai Isu-Isu Keamanan Informasi selama WFH dan Tips Keamanan Informasi.

Pada kesempatan ini Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan juga mengenai Penguatan Integritas Kementerian Keuangan Tahun 2022. Pada kesempatan ini dijelaskan mengenai latar belakang, Infrastruktur, Penerapan, dan Penilaian Integritas, Capaian Kemenkeu & Tantangan yang Dihadapi, dan Rencana Aksi Penguatan Integritas Tahun 2022.

Dengan diadakan Focus Group Discussion ini, diharapkan setiap pegawai dapat mengerti, memahami, dan mewujudkan Kesadaran Keamanan Informasi dan Penguatan Integritas Kementerian Keuangan Tahun 2022 (Teks/Foto: Rohman Juani: Seksi HI PKY).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini