Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Kerja, KPKNL Palangka Raya adakan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II 2021
Diah Ilmi Rizqiana
Kamis, 08 Juli 2021   |   120 kali

Palangkaraya, 05 Juli 2021 KPKNL Palangka Raya melaksanakan Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II 2021 melalui zoom KPKNL Palangkaraya. Pelaksanaan DKO ini merupakan amanat dari KMK Nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, bahwa setiap triwulan seluruh organisasi wajib melakukan monitoring terhadap capaiannya. Berdasarkan KMK 590/KMK.01/2016 Dialog Kinerja dibagi menjadi dua yaitu Dialog Kinerja Individu (pengisian melalui e-performance) dan Dialog Kinerja Organisasi yang dipegang oleh Kepala Kantor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Palangka Raya.

Ada empat hal pokok yang dibahas pada DKO kali ini yaitu Peta Strategis KPKNL Palangkaraya, Resum Kinerja, Detai dari Resum Kinerja dan Form IIAA KMK 590/2016. Peta Strategis Periode Kinerja DJKN 2021 ada sepuluh diantaranya Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang yang Optimal, Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang yang memenuhi harapan pengguna jasa, birokrasi dan layanan publik yang agile, efektif, dan efisien. Selanjutnya pada ikhtisar kinerja organisasi KPKNL Palangka Raya bahwa NKO atau Nilai Kinerja Organisasi KPKNL Palangka Raya ada pada nilai 93,82 persen dengan dua belas IKU hijau, empat merah (karena belum selesai rekap penilaian oleh seksi kepatuhan internal, satu kuning dan tiga abu- abu.

 Adapun IKU PNBP terbesar yang berhasi dicapai oleh KPKNL Palangka Raya adalah IKU PNBP Piutang Negara. IKU tersebut mencapai nilai 315,07persen. Capaian tersebut tentu sangat menggembirakan bagi KPKNL Palangka Raya. Seluruh IKU PNBP memperoleh capaian hijau di Triwulan II, adapun IKU tersebut adalah PNBP Aset dan PNBP Lelang Selain itu untuk deviasi data PNBP Fungsional DJKN juga sudah sangat tinggi realisasinya karena deviasinya nol.

Selanjutnya ada indeks ketepatan waktu layanan kekayaan negara dan lelang berhasil mencapai 113,64persen baik dalam triwulan maupun tahunan. Realisasi pokok lelang triwulan II mencapai 99.41persen, tetapi masi merah dalam tahunannya. Kemudian untuk Presentase bidang tanah BMN yang disertifikasikan sudah mencapai 215,09persen untuk target triwulanannya dan untuk presentase produktivitas lelang dan pelaksanaan lelang e-auction realisasinya sudah hijau dan penyelesaian BKPN masih kuning. Selanjutnya ada kompetensi pengembangan kompetensi pegawai sudah mencapai 255,56persen untuk triwulanann II dan102,22persen untuk capaian tahunan.

Diakhir paparan Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan apresiasi terhadap capaian- capaian yang sudah mencapai target dan beberapa evaluasi terkait capaian yang masih harus dikejar di triwulan III dan IV 2021. “Tantangan utama KPKNL Palangka Raya adalah dari sisi SBSK dan Portofolio Aset. Kedua IKU tersebut memiliki target yang sangat besar. Artinya semangat dan tekad pegawai agar capaian dapat melampaui target juga harus terus dijaga. “Pegawai KPKNL Palangka Raya harus bahu- membahu menyelesaikan penugasan tersebut agar beban kerja dipikul bersama dan apapun kendala yang dihadapi harus diselesaikan bersama”.

Setelah Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan evaluasinya, beberapa masukan dari Kepala Seksi dan Pejabat Fungsional juga ikut meyampaikan kendala dan strategi yang akan dilakukan pada Triwulan III dan Triwulan IV. Kepala KPKNL Palangka Raya juga menyampaikan terkait NKO ZI WBBM yang masi abu-abu karena pelaksanaan Pembangunan ZI WBBM yang saat ini sedang memasuki tahap penilaian di tingkat Kementerian PAN RB. Kepada Tim Pembangunan ZI WBBM agar tetap dilakukan pemantauan sehingga dapat lolos dan berhasil mendapat predikat ZI WBBM ditahun 2021.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini