Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Siap Jadi Kantor Berpredikat ZI WBBM, KPKNL Palangkaraya Adakan Dialog Interaktif Bersama RRI
Diah Ilmi Rizqiana
Selasa, 09 Maret 2021   |   160 kali

Palangka Raya– Senin 8 Maret 2021 KPKNL Palangka Raya bersama Radio Republik Indonesia Pro 1 Palangka Raya adakan Dialog Interaktif dalam rangka Pemantapan Pencanangan KPKNL Palangka Raya dalam Pembangunan ZI WBBM. Pada segmen Lintas Palangka Raya Sore KPKNL Palangka Raya paparkan sejumlah program kemudahan dan percepatan pelayanan. Mulai dari Layanan Pemanfaatan BMN, Pengurangan Hutang hingga Pelayanan Lelang Online. Narasumber pada Dialog Interaktif kali ini yaitu para Kepala Seksi KPKNL Palangka Raya. Acara berlangsung komunikatif dilihat dari antusiasme pendengar yang cukup tinggi.

Acara dimulai pada pukul tiga sore dibuka oleh Kepala KPKNL Palangka Raya R.B. Sigit Budi Prabowo. Beliau memperkenalkan kepala seksi yang ada di KPKNL Palangka Raya. Dialog Interaktif ini merupakan salah satu upaya KPKNL Palangka Raya untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa KPKNL Palangka Raya terus menerus melakukan percepatan dan kemudahan dalam Pelayanan. Adapun upaya yang dilakukan KPKNL dalam rangka Pembangunan ZI WBBM, salah satunya lelang 100% online dengan berbagai fasilitas percepatan. Fasilitas tersebut antara lain penyampaian penetapan jadwal lelang dan permohonan lelang yang sudah seratus persen online sehingga pemohon lelang tidak perlu lagi datang ke kantor. Sedangkan dalam hal Pengelolaan Kekayaan Negara berupa penetapan status penggunaan BMN, surat persetujuan pengelolaan BMN, pemanfaatan, hingga penghapusan BMN ada beberapa pengurangan waktu pengurusan namun tetap berdasarkan dengan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya materi Pengelolaan Kekayaan Negara disampaikan oleh Kepala Seksi PKN, Suryo Hartono. KPKNL Palangka Raya dengan 467 satuan kerja bertugas untuk memastikan bahwa Kementerian Lembaga melakukan tata kelola asset sesuai dengan kewenangannya, juga dalam pengamanannya agar nilai maupun fungsi dari asset tersebut tetap terjaga. Sebagai Pengelola Kakayaan Negara juga berperan untuk memastikan kebutuhan barang yang ada pada K/L dapat terpenuhi dengan optimal. Pelayanan tersebut yang dilakukan beberapa percepatan sehingga K/L dapat merasakan manfaatnya.

Berikutnya paparan oleh Kepala Seksi Lelang yang menjelaskan terkait prosedur dalam mengikuti lelang online. Pendaftaran online di lelang.go.id dimulai dari pembuatan akun dengan melakukan registrasi. Cara dan daftar dokumen yang harus dilengkapi sudah tertera dan lengkap step by step. Kasi Lelang juga menjelaskan jenis- jenis lelang yang ada di KPKNL Palangka Raya, mulai dari lelang ekskusi, lelang non eksekusi wajib dan lelang non ekskusi sukarela. “Semua lelang yang ada di KPKNL dapat diikuti oleh masyarakat umum. Tak hanya menjadi peserta, masyarakat juga dapat mengajukan permohonan lelang non eksekusi sukarela.” Papar Kepala Seksi Lelang KPKNL Palangka Raya.

Antusiasme pendengar dalam Dialog Interaktif kali ini sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, mulai dari ketentuan dokumen saat registrasi lelang, syarat menjadi pemohon lelang perseorangan, pemanfaatan rumah dinas yang sudah tidak sesuai ketentuan dan masih banyak lagi. Pertanyaan terkait Pembangunan ZI WBBM KPKNL Palangka Raya diajukan yaitu apa perbedaan jika KPKNL Palangka Raya yang saat ini berpredikat WBK menjadi WBBM. Kepala KPKNL Palangka Raya menyampaikan bahwa Pembangunan ZI WBBM ini adalah lanjutan dari Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. ZI WBBM menuntut percepatan dan kemudahan pelayanan dengan integritas tinggi. Sehingga percepatan dan kemudahan pelayanan tetap bebas dari indikasi korupsi, kolusi dan nepotisme, baik dalam bentuk gratifikasi maupun pemerasan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini