Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palangkaraya
Berita DJKN

Pemanfaatan BMN dalam Rangka Menggali Potensi PNBP

Kamis, 04 Februari 2021   |   20 kali

Palangka Raya – KPKNL Palangka Raya berpatisipasi menjadi narasumber pada kegiatan Forum Group (FGD) pemanfaatan BMN dalam rangka menggali potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Kamis (4/2) yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Kalimantan Tengah diikuti oleh Satuan Kerja PNBP lingkup Kanwil DJPB Provinsi Kalimantan Tengah.

KPKNL Palangka Raya diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Suryo Hartono menyampaikan materi terkait mengoptimalkan pengelolaan BMN untuk menghasilkan PNBP. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara, bentuk pemanfaatan BMN berupa Sewa, Pinjam Pakai, Kerja Sama Pemanfaatan, Bangun Guna Serah/Bangun Serah Guna, Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur dan Kerja Sama Terbatas Untuk Pembiayaan Infrastruktur.

Pemanfaatan BMN bertujuan untuk optimalisasi pemanfaatan BMN yang belum/tidak digunakan untuk menunjang tugas pokok dan fungsi, memperoleh fasilitas yang menunjang tugas pokok dan fungsi, mencegah penggunaan BMN oleh pihak lain secara tidak sah dan penerimaan negara bukan pajak. Suryo memberikan sebuah pandangan baru mengenai tata kelola PNBP untuk lebih kreatif, responsif dan melakukan pendekatan ekonomi bukan hanya sekedar pemanfaatan saja. Diawali dengan melakukan pengamatan, melakukan survei, inventarisasi aset sekaligus memastikan sudah sudah dilakukan penetapan status penggunaan, mengidentifikasi potensi/nilai tambah dari suatu aset yang dikuasai kemudian menentukan bentuk, jangka waktu pemanfaatan serta pemilihan mitra.

Dalam kesempatan tersebut, Suryo juga menyampaikan keikutsertaan KPKNL Palangka Raya dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021 ini dan memohon dukungan dari satuan kerja yang hadir dalam kegiatan FGD.(Teks/Foto: Devi Riandani: Seksi HI PKY).

Foto Terkait Berita
Pengumuman
ALUR PELAYANAN KPKNL PALANGKA RAYA
Kamis, 21 Maret 2019
Kontak
Jl. G. Obos Km. 1 No. 19 Palangka Raya - 73111
(0536) 3220047, 3220048
(0536) 3220045
kpknlpalangkaraya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |