Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangka Raya Gelar Sosialisasi Wasdal BMN
Devi Riandani
Selasa, 10 September 2019   |   146 kali

Palangka Raya – Selasa (3/9) Tim Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya melaksanakan Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Barang Milik Negara (BMN) di Aula KPKNL Palangka Raya. Sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) satuan kerja, khususnya satuan kerja dalam kota Palangka Raya.

Tujuan kegiatan sosialisasi adalah untuk menata pengelolaan BMN yang ada pada satuan kerja dan simulasi perekaman wasdal ke aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN). Produk hukum yang telah diterbitkan seperti Penetapan Status Penggunaan (PSP) dan Surat persetujuan penjualan, sewa serta hibah dapat dilakukan perekaman ke aplikasi SIMAN pada fitur Plugin wasdal sebagai upaya pengamanan administrasi produk hukum pengelolaan BMN.

Sosialisasi dibuka dengan perkenalan diri Kepala Seksi PKN KPKNL Palangka Raya yang baru, Suryo Hartono. Kemudian, Suryo menjelaskan bagaimana mengoptimalkan aset negara antara lain memahami aset sebagai revenue center, memahami portofolio aset negara, memahami identifikasi dan pemetaan BMN yang idle serta memahami pemanfataan BMN. “Dengan memanfaatkan BMN yang tidak digunakan akan menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke Negara,” ujar Suryo. Setelah pemaparan dari Suryo, dilanjutkan dengan simulasi perekaman ke aplikasi SIMAN oleh Pelaksana Seksi PKN, Ginanjar Yazid Fitranto. Ginanjar menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan pada aplikasi SIMAN apabila status BMN mengalami perubahan. Ginanjar juga memberikan kesempatan kepada peserta sosialisasi apabila ada pertanyaan mengenai aplikasi SIMAN.

Sebelum sosialisasi ditutup, Kepala KPKNL Palangka Raya, R. B. Sigit Budi Prabowo, memberikan himbauan terkait keikutsertaan KPKNL Palangka Raya dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Saya meminta agar Bapak-bapak dan Ibu-ibu tidak memberikan suatu apapun kepada seluruh jajaran KPKNL Palangka Raya demi terwujudnya Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di KPKNL Palangka Raya. Insya Allah, kami tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Sigit.

 (Teks/Foto HI Pky)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini