Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Monitoring Sertipikasi BMN Wilayah Kalimantan Tengah Serta Persiapan Revaluasi BMN
Ginanjar Yazid Fitriyanto
Sabtu, 12 Agustus 2017   |   300 kali

Palangka Raya – Dalam rangka percepatan dan monitoring pelaksanaan sertipikasi BMN 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palangka Raya menyelenggarakan acara “Rapat Monitoring Sertipikasi BMN berupa Tanah di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2017”.

Acara yang diselenggarakan pada Kamis, 10 Agustus 2017 tersebut,  dihadiri oleh Kepala Kanwil BPN Kalimantan Tengah  Ida Aniyati Frans dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan di Wilayah Kalimantan Tengah serta satuan kerja yang terkait dengan program sertipikasi BMN.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Joko Prihanto mengucapkan apresiasinya kepada para kepala KPKNL dilingkungan Kanwil DJKN Kalselteng, khususnya Kepala KPKNL Palangka Raya yang dapat bersinergi dengan baik bersama Kepala Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Pertanahan, dan Satker di Provinsi Kalimantan Tengah sehingga progres sertipikasi BMN dapat berjalan dengan lancar.

Pada rapat yang berlangsung di Aula KPKNL Palangka Raya, Jl. G. Obos Km. 1 Nomor 19 Kota Palangka Raya itu, didapat informasi perkembangan proses sertipikasi BMN di wilayah Kalimantan Tengah sejumlah 29 target bidang tanah telah dilakukan proses pengukuran oleh Kantor Pertanahan Kabupaten / Kota, dan 6 bidang tanah milik Satuan Kerja masih dalam proses perbaikan permohonan pensertipikatan tanah kepada Kantor Pertanahan setempat.

Dengan adanya rapat monitoring ini diharapkan segala kendala yang berhubungan dengan data dokumen dapat dicarikan solusi lebih dini, sehingga apa yang ditargetkan dapat secara cepat tercapai dengan maksimal.

Rapat dilanjutkan dengan Persiapan Revaluasi BMN di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. Rapat internal ini dihadiri oleh pejabat dan staf dari Kanwil DJKN Kalselteng, KPKNL Pangkalanbun, KPKNL Banjarmasin dan KPKNL Palangka Raya.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN Kalselteng menyampaikan bahwa Revaluasi BMN agar dipersiapkan sebaik mungkin baik dalam pengumpulan data, survei data tanah sampai dengan pelaksanaan revaluasi BMN. Oleh karena itu, pada rapat kali ini masing-masing KPKNL mempresentasikan ide-ide serta inovasi yang telah dilaksanakan yang dapat di sharing kepada KPKNL di wilayah kerja Kanwil DJKN Kalselteng agar proses revaluasi ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu. Salah satunya KPKNL Palangka Raya yang telah melaksanakan verifikasi data awal SIMAK BMN berupa Aset Tetap berupa Tanah, Gedung dan Bangunan, dan Jalan, Irigasi dan Jaringan (Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air). Hasil nya didapat data awal yang akurat dan update yang nantinya akan memudahkan Tim Penilai saat turun ke lapangan dalam revaluasi BMN.

Di lain kesempatan Joko Prihanto menegaskan pentingnya sinergi semua KPKNL maupun Kanwil DJKN Kalselteng. “Jangan sampai ada KPKNL di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah yang memerlukan bantuan teknis maupun personel dibiarkan saja, semuanya harus saling bahu-membahu menyelesaikan revaluasi aset ini, tutur Joko Prihanto.

Di akhir kegiatan tersebut dilakukan diskusi terkait current issue revaluasi aset BMN, baik dalam hal penjadwalan kegiatan, pemilihan mekanisme perbantuan antar unit vertikal, kecukupan pendanaan dan koordinasi yang matang yang muaranya adalah untuk menyukseskan agenda revaluasi aset BMN. (Teks/Foto : HI PKY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini