Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knowledge Sharing, Media Saling Belajar dan Bertukar Pendapat
Ginanjar Yazid Fitriyanto
Jum'at, 14 Juli 2017   |   1105 kali

Palangka Raya – Rabu, 12 Juli 2017, suasana yang penuh semangat dan antusias tampak dari seluruh pegawai KPKNL Palangka Raya yang hadir di Aula Lantai 1 dalam kegiatan  yang bertajuk Knowledge Sharing kali ini.

Setidaknya ada 4 pokok bahasan yaitu paparan Surat Edaran SE-6/KN/2017 tentang Pedoman Administrasi Perjalanan Dinas dalam Negeri Di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Sosialisasi Instruksi Menteri Keuangan tentang Gerakan Penguatan Budaya dan Gerakan Efisiensi, sosialisasi bidang kepegawaian umum dan Penggunaan Aplikasi Perjalanan Dinas yang sering disebut Aladin.

Agus Sugiarto, Kepala KPKNL Palangka Raya yang membuka acara menjelaskan bahwa pentingnya dilaksanakan acara knowledge sharing, selain sebagai media untuk saling belajar dan bertukar pendapat, acara ini juga dapat melatih kemampuan public speaking setiap individu pegawai. Lebih lanjut Agus Sugiarto berpesan agar jajarannya tidak perlu takut dan ragu dalam menyampaikan materi. Tidak ada knowledge sharing yang susah, semua bisa dipelajari dan banyak hal yang bisa disampaikan tidak hanya terkait tusi utama di tiap seksi. Karena tujuan utamanya adalah untuk membantu kita belajar dan tahu akan semua hal, tambah pria yang dikenal ramah itu.

Pada Kesempatan pertama, Artho Guntoro, Kepala Sub Bagian Umum menyampaikan materi tentang Surat Edaran SE-6/KN/2017. Ia menjelaskan bahwa dengan terbitnya Surat Edaran ini, pelaksanaan administrasi, pertanggungjawaban dan pembayaran biaya perjalanan dinas dilakukan melalui Aplikasi Perjalanan Dinas (Aladin). “Mulai 1 Juli 2017, pelaksanaan administrasi Perjalanan Dinas sudah menggunakan aplikasi Aladin dan diharapkan semua pegawai dapat melaksanakannya” tegas Artho.

Kemudian pelaksana Sub Bagian umum Mohammad Riza Bakhtiar menyampaikan Instruksi Menteri Keuangan tentang gerakan Penguatan Budaya dan Gerakan Efisiensi. Video arahan Menteri Keuangan pun di putar dan disaksikan dengan seksama oleh pegawai yang hadir pada kegiatan ini. Sedangkan Siti Jahrah menyampaikan materi kepegawaian mengenai kenaikan gaji berkala dan kepangkatan.

Selanjutnya, acara diisi dengan simulasi penggunaan Aplikasi Perjalanan Dinas (Aladin) oleh Ginanjar Yazid selaku Staf Pejabat Pembuat Komitmen KPKNL Palangka Raya. Aladin merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui intranet degan alamat http://10.242.151.21/perjadin_vertikal/login. “Aladin ini akan sangat membantu kelancaran dalam administrasi perjalanan dinas, terutama dalam memantau progress pencairan biaya perjalanan dinas ”ujar Ginanjar. 

Di akhir acara Agus Sugiarto, mengharapkan, agar acara seperti ini rutin diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan dalam pelaksanaan tugas di kantor serta berbagi pengalaman maupun perkembangan terbaru di DJKN.(Teks/ Foto HI PKY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini