Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Monitoring dan Evaluasi Sertipikasi BMN Berupa Tanah Lingkup KPKNL Padang dan KPKNL Bukit Tinggi Tahun 2022.
Darmansyah
Kamis, 22 September 2022   |   70 kali

Padang, 20 September 2022. KPKNL Padang bersama KPKNL Bukitinggi  serta Kanwil DJKN Riau Sumatera Barat dan Kepulauan Riau melakukan  kegiatan rapat bersama dalam rangka monitoring dan evaluasi program percepatan sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2022 yang di laksanakan di  Aula KPKNL Padang pada Selasa, 20 September 2022. Rapat  tersebut dihadiri juga oleh perwakilan dari Kanwil BPN Sumatera Barat dan Satuan Kerja penerima target pensertipikatan BMN berupa tanah Tahun 2022 khususnya yang berada di wilayah kerja KPKNL Padang dan KPKNL Bukittinggi. Acara ini diselenggarakan mengingat  tahun 2022 ini telah memasuki akhir bulan September, sehingga waktu yang dimiliki tentu tidak  banyak lagi untuk menyelesaikan target - target yang sudah ditentukan.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Riau Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Sudarsono. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan sertipikasi BMN berupa tanah  merupakan kegiatan Triparty yang melibatkan Pihak Kementerian Keuangan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kementerian/Lembaga (K/L). Di Provinsi Sumatera Barat ini targetnya selalu yang paling banyak di lingkungan Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Namun demikian, alhamdulillah berkat kerja sama yang baik antara semua pihak, target sertipikasi BMN di tahun 2021  dapat di selesaikan dengan baik.  Sudarsono berharap target yang lebih menantang ditahun 2022 ini juga dapat berhasil dan terselesaikan . “Keberhasilan Sertipikasi BMN Berupa Tanah sangat ditentukan oleh kerja sama yang baik dan peran aktif dari kementerian/lembaga yang terlibat langsung dengan proses Pensertipikatan BMN Berupa Tanah, yaitu Kementerian Keuangan RI selaku Pengelola BMN, kemudian Kementerian/Lembaga selaku Pengguna BMN dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam hal ini Kantor Pertanahan sebagai eksekutor” ujar Sudarsono. 

 

Selanjutnya, Kepala KPKNL padang, Edy Suyanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dan meminta agar satuan kerja segera menyiapkan kelengkapan dokumen permohonan sertipikasi untuk diajukan ke kantor pertanahan sehingga target sertipikasi di tahun 2022 ini dapat segera terselesaikan.

 

Sertipikasi BMN merupakan bentuk pengamanan BMN berupa tanah secara hukum, sehingga perlu adanya sinergi antara Satuan Kerja, Kantor Pertanahan, KPKNL dan Kanwil DJKN sehingga untuk target sertipikasi BMN berupa tanah Tahun 2022 dapat diselesaikan secara tuntas.

 

Rapat Monitoring dan Evaluasi Program Percepatan Pensertipikatan BMN Berupa Tanah Tahun 2022 ini dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh  Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (Kabid PKN) Kanwil DJKN Riau, Sumatera barat dan Kepulauan Raiau, Satriotomo dan Elvino Akbar, S.H. (Penata Pertanahan Muda) pada Kanwil BPN Provinsi Sumatera Barat.    

 

(Text/Foto : Guziarie Zul/Darmansyah)                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini