Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Kunjungan Kerja Kepala KPKNL Padang ke Pemerintah Kabupaten Solok Selatan
Ayu Fitriana
Kamis, 11 Agustus 2022   |   144 kali

Padang Aro (10 Agustus 2022). Kepala KPKNL Padang, Edy Suyanto yang didampingi Koordinator Pelelang KPKNL Padang Zulfikar Lubis dan Tim Lelang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Solok Selatan  dan disambut langsung oleh Bupati Solok Selatan, Khairunnas di Ruang Kerjanya, Padang Aro pada Rabu, 10 Agustus 2022.

 

Adapun maksud kunjungan ini adalah untuk silahturahim dan sekaligus memberikan penjelasan terkait tugas dan fungsi Direktorat Jenderal kekayaan negara (DJKN) maupun Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL). Edy menjelaskan bahwa DJKN/KPKNL adalah institusi Pengelola Kekayaan Negara yang memiliki tugas dan fungsi antara lain  pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, penilaian Barang Milik Negara/Daerah dan pelayanan lelang.

 

Selanjutnya Kepala KPKNL Padang, Edy Suyanto juga menyampaikan bahwa dalam menunjang pembangunan daerah yang berkelanjutan, keterbatasan  APBN/APBD dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur menyebabkan adanya selisih pendanaan yang harus dipenuhi. Untuk itu pemerintah memberikan alternatif pendanaan, salah satunya dengan menggunakan skema  kerjasama pembangunan yang melibatkan Badan Usaha yang dikenal sebagai Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dimana untuk mengadakan sarana layanan publik yang diikat dengan perjanjian, terbagi menjadi beberapa bentuk tergantung kontrak dan pembagian resiko,


Lebih lanjut Edy menyampaikan bahwa dalm rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai dampak COVID-19, DJKN mempunyai Program Keringanan Hutang (Crash Program) dan Lelang produk UMKM.

 

Bupati Solok Selatan, Khairunnas terkait KPBU menyambut baik terhadap apa yang sudah diinformasikan, dimana keterbatasan Dana APBD dan Fiskal Provinsi Sumatera Barat secara umum dan Kabupaten Solok Selatan khususnya yang sudah dianggarkan belum dapat memaksimalkan rencana pembangunan yang diharapkan oleh Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Kordinasi dan Sinergi dengan Pemerintah Daerah dengan DJKN agar saling dapat berkelanjutan sehingga permasalahan dan kendala tentang pengelolaan aset dapat diselesaikan.

 

Dalam Kesempatan tersebut Tim lelang KPKNL Padang juga melaksanakan penjualan dimuka umum / lelang atas asset Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berupa 10 unit kendaraan dan berhasil laku terjual lelang sebanyak  5 lot penjualan dengan pokok lelang sebesar Rp.399.994.000,- (tiga ratus sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh empat ribu rupiah).


(Foto/Teks Rina M Sunjaya dan Guziarie Zul S.H)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini