Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Padang
Berita DJKN

Sosialisasi Layanan Unggulan Sesuai KMK 601 dan Sosialisasi Pelayanan pada KPKNL Padang

Kamis, 25 Maret 2021   |   106 kali

Padang (23/03/2021) - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus memperkenalkan layanan maupun inovasi dan pengetahuan terkait layanan pada KPKNL Padang serta Pelaksanaan Survei dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), KPKNL Padang mengadakan acara Sosialisasi Layanan Unggulan Sesuai KMK 601/KMK.01/2020 dan Sosialisasi Pelayanan pada KPKNL Padang yang bertempat di Aula KPKNL Padang pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021 dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19. Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Padang, Edy Suyanto. Adapun undangan dan stakeholder yang turut berpartisipasi dalam acara ini adalah Badan Keuangan Daerah Kab Solok Selatan, Badan Keuangan Daerah Kab Sijunjung, Pemko Pariaman, Pengadilan Negeri Padang, Kejaksaan Tinggi Sumbar, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan  Kelas II Teluk Bayur, Kantor Kemenag Kota Padang, KPU Kota Padang, BLK Padang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang, Polres Padang Pariaman, BRI Cab Padang, Damri Cab Padang, Bank Syariah Indonesia (BSI), PT PNM Tbk, BPJS Ketenaga Kerjaan Padang, BPJS Ketenaga Kerjaan Solok, Balmon Kota Padang.

            Edy Suyanto menegaskan bahwa Pencanangan Pembangunan Zona Integritas bukanlah formalitas belaka, melainkan komitmen jajaran seluruh pegawai termasuk Supporting Unit untuk bekerja lebih baik agar dapat menjalankan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Dalam sambutannya Beliau juga menyampaikan kepada peserta bahwa akan dicanangkan Kompetisi dan inovasi Lelang Sukarela Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) oleh DJKN.

            Adapun materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Novrizal selaku ketua ZI WBBM KPKNL Padang. Dalam paparannya, Novrizal menyampaikan bahwa SOP Layanan Unggulan Bidang Kekayaan Negara dan Lelang Kementerian Keuangan sesuai dengan KMK 601/KMK.01/2020 yang isinya ada 10 macam layanan unggulan yaitu 1. PSP BMN Berupa Tanah dan/ atau Bangunan pada KPKNL, 2. Persetujuan Penolakan Penjualan BMN Selain Tanah Dan/ Atau Bangunan pada KPKNL, 3. Pelayanan Permohonan Keringanan Hutang Pada KPKNL, 4. Penerbitan Surat Pernyataan Piutang Negara Lunas, 5. Penetapan Jadwal Lelang Untuk Jenis Lelang Eksekusi Pasal 6 Undang Undang Hak Tanggungan Harta Pailit dan Pengadilan, 6. Pengembalian Uang Jaminan Penawaran Lelang (melalui Virtual Account), 7. Pelayanan Pemberian Kutipan Risalah Lelang Penyerahan dokumen kepemilikan dan/ atau dokumen lainnya, 8. Pelaksanaan Sewa Atas Barang Milik Negara Berupa Tanah dan/ atau Bangunan, 9. Verifikasi Permohonan Penilaian Barang Milik Negara dan Barang Jaminan dan/ atau Harta Kekayaan Lainnya, 10. Penyusunan Laporan Penilaian.

            Dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, KPKNL Padang telah meningkatkan peran Kepatuhan Internal, membuka layanan pengaduan masyarakat atas tindakan korupsi, dan pembangunan Zona Integritas. Selain itu KPKNL Padang telah menerapkan perbaikan SOP layanan unggulan, membangun komunikasi untuk bersinergi dengan stakeholder, percepatan waktu layanan utama KPKNL Padang antara lain Persetujuan PSP BMN Tanah dan/atau Bangunan dari 5 hari kerja menjadi 1 hari kerja, Laporan Penilaian untuk tujuan LKPP Menjadi 15 Hari Kerja, ada pula layanan APT Online yang merupakan kegiatan pelayanan tatap muka yang disediakan oleh KPKNL Padang dalam bentuk virtual melalui aplikasi Zoom dan melakukan monitoring dan evaluasi atas feedback dan masukan dari stakeholder atas kegiatan pelayanan yang dilakukan.

            Dengan telah dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat membantu dan membuka wawasan para stakeholder atau pengguna jasa layanan KPKNL Padang terhadap jenis layanan yang ada pada KPKNL Padang dan dapat meningkatkan sinergi dalam hubungan kerja stakeholder dengan KPKNL padang lebih baik ke depannya. (Teks/Foto : Guziarie Zul/Yurista.V) 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |