Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
FGD Pejabat Administrator: Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah
Yurista Vipriyanti
Senin, 28 September 2020   |   171 kali

FGD Pejabat Administrator: Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah

Padang (25/09) – Sehubungan dengan adanya kegiatan Preliminary Focus Group Discussion (FGD) untuk Pejabat Administrator telah dilakukan pada tanggal 30 Juli. Kali ini, para pejabat Administrator di unit vertikal DJKN termasuk KPKNL Padang melaksanakan FGD Triwulan III pada Jumat, 25 September 2020. Fokus FGD kali ini adalah Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Padang, Ali Mahmud. Turut dihadiri juga para kepala seksi dan kasubbag umum, kelompok jabatan fungsional dan para pelaksana KPKNL Padang.

Diawali dengan penjabaran kasus global yaitu Pandemi COVID19 yang makin tereskalasi di tengah relaksasi/normalisasi dimana pandemi ini membawa ekonomi dunia pada situasi sangat buruk. Di Indonesia, kasus pandemi ini masih dalam tren meningkat cukup signifikan seiring peningkatan tes dan relaksasi PSBB/pembukaan kembali aktivitas dengan jumlah kasus per hari naik menjadi 2.381. Kondisi ini memberikan pengaruh yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dimana pada Triwulan 1 melambat menjadi 2,97%.

Berbagai negara mengeluarkan stimulus dalam jumlah besar, termasuk Pemerintah Indonesia berusaha mengoptimalkan bauran kebijakan untuk menangani pandemi ini baik kebijakan moneter dan keuangan, salah satunya adalah program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dalam kesempatan ini, Ali Mahmud berharap pegawai KPKNL Padang untuk mendukung program PEN tersebut salah satunya dengan membeli produk-produk UMKM lokal.

Selain itu, disampaikan pula peran pegawai Kementerian Keuangan dalam mendukung pembiayaan anggaran seperti mengoptimalkan penggunaan APBN, menjadi agent of communication termasuk kebijakan pembiayaan APBN dan menumbuhkan budaya berinvestasi untuk mewujudkan kemandirian pembiayaan. “Dengan sisa waktu hingga akhir tahun ini, mari bersama tingkatkan capaian kinerja dengan memaksimalkan sumber daya yang ada namun tetap menjaga kesehatan,”pesan Ali Mahmud mengakhiri FGD ini. (Teks/Foto : Yurista)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini