Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Flexible working space sebagai New Normal Kemenkeu ? KPKNL Padang siap implementasikan !
Yurista Vipriyanti
Selasa, 19 Mei 2020   |   447 kali

Padang (18/08/2020) - Seperti arahan Ibu Menteri Keuangan pada tanggal 24 April 2020, kita perlu mengambil momentum dan pengalaman saat covid-19 untuk mendorong perubahan radikal di Kementerian Keuangan, kurangi jumlah ruang rapat dan memanfaatkan teknologi seperti yang dilakukan saat Work From Home (WFH), bangun infrastruktur yang mendukung terciptanya budaya baru Kemenkeu. Kini mulai disosialisasikan ke unit-unit vertikal eselon I Kemenkeu, Flexible working space (FWS) sebagai New Normal Kemenkeu. Implementasi Fleksibilitas Tempat bekerja di lingkungan Kemenkeu telah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 223/KMK.01/2020. Praktik FWS Kemenkeu ini didukung dengan infrastruktur penunjang seperti Video Conference, e-Kemenkeu, e-dropbox kemenkeu, email kemenkeu, presensi online My Task, Nadine (naskah dinas elektronik).

Sekretaris Jenderal menyampaikan arahan Menteri Keuangan untuk dapat mempersiapkan New Normal pasca pelaksanaan Work Form Home (WFH) sebagai dampak pandemi COVID-19, serta dalam rangka mewujudkan organisasi Kementerian Keuangan yang responsif, adaptif, dan modern. Sebagai salah satu unit vertikal DJKN yang memiliki Analisis Beban Kerja terbesar, KPKNL Padang diwajibkan menggunakan fitur pelaporan "Tugas Saya" pada aplikasi Nadine. Selain untuk memonitoring pelaksanaan WFH, pengisian fitur Tugas Saya dan Tugas Bawahan digunakan untuk memetakan beban kerja selama WFH yang akan dibandingkan dengan beban kerja sebelum WFH. Hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan data beban kerja yang lebih valid dan dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan pimpinan dalam penggambilan kebijakan New Normal pasca pandemi COVID-19. Turut hadir lebih dari 200 peserta yang mengikuti sosialisasi via zoom dari pukul 13.00 hingga 15.30 WIB. Diharapkan para pegawai dari level pelaksana sampai dengan pejabat administrator dan seluruh pejabat fungsional dapat mendisplinkan diri untuk terus memberikan pelaporan tugas dan mengefektifkan aplikasi tersebut. 

Sebelum pelaksanaan sosialisasi oleh Sekretariat Jenderal  Kementerian Keuangan, pada tanggal 12 Mei 2020 KPKNL Padang  sudah melaksanakan sosialisasi secara teknis terhadap fitur "Tugas Saya". Arahan dan pengenalan fitur tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor KPKNL Padang dan  dihadiri oleh para pegawai KPKNL Padang melalui aplikasi zoom.  Untuk mendukung New Normal Kemenkeu,  fitur  “Tugas Saya”  pada Nadine langsung diterapkan oleh seluruh pegawai KPKNL Padang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini