Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
KPKNL Padang Sosialisasi Permohonan Lelang Online dengan Perbankan
Yurista Vipriyanti
Kamis, 10 Oktober 2019   |   313 kali

Padang – Dalam rangka implementasi fitur permohonan lelang online yang mulai diaktifkan, Selasa (08/10/2019) KPKNL Padang mengundang para stakeholder khususnya dari Perbankan yang ada di Sumatera Barat, khususnya wilayah kerja KPKNL Padang.  Bertempat di Aula KPKNL Padang, lebih dari 40 (empat puluh) hadirin yang terdiri dari Bank BRI Kantor Wilayah Padang beserta kantor cabang, Bank BTN cabang Padang, Bank BNI Kantor Wilayah Padang, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank BCA, Bank Nagari, Koperasi Sahabat UKM dari Bank Sahabat Sampurna hingga Bank Muamalat Indonesia cabang Padang. Acara juga dihadiri  Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Pelelang Ahli Muda, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Kepala Seksi Hukum dan Informasi serta Kepala Subbagian Umum KPKNL Padang.

Tepat pukul 09.30 pagi acara  dibuka oleh Kepala KPKNL Padang. Dalam sambutanya, Ali Mahmud menyampaikan pentingnya fitur permohonan lelang secara online di era digitalisasi ini sehingga administrasi lelang itu lebih mudah, cepat dan tidak ribet lagi. Beliau menambahkan dengan adanya fitur ini dapat memudahkan para pemohon untuk mengajukan permohonan lelang tanpa perlu datang ke KPKNL Padang. Zulfikar Lubis, Kepala Seksi Pelayanan Lelang sekaligus ketua panitia pelaksana dari acara tersebut menyampaikan implementasi permohonan lelang online ini mulai diterapkan pada tanggal 23 Oktober 2019. Sebelumnya sudah diterapkan pada jenis lelang sukarela dan non-ekseskusi wajib. Setelah pemohon mengisi data dan menggunggah kelengkapan dokumen, seluruh dokumen pendukung tersebut dalam bentuk hardcopy wajib dikirim ke KPKNL Padang sesegera mungkin.

Selain diberikan presentasi fitur Permohonan Lelang Online, para hadirin juga melakukan uji coba langsung melalui website https://lelang.go.id dan dilanjut dengan diskusi tanya jawab. Berbagai pertanyaan dan masukan dilontarkan dari para hadirin.  Dalam kesempatan baik ini, disampaikan pula kepada pihak perbankan selaku pemohon lelang eksekusi untuk dapat meningkatkan produktifitas lelang di sepanjang tahun ini mengingat capaian target triwulan III KPKNL Padang sebesar 35,08% lelang laku dimana peran andil terbesar dari pelaksanaan lelang Barang Milik Negara bukan dari lelang eksekusi. Berbagai upaya dalam meningkatkan pencapaian hasil lelang diantaranya memilih asset yang marketable, ikut berupaya mencari pembeli maupun membuat event di tempat keramaian dengan maksud memperkenalkan lelang eksekusi ke masyarakat luas.

Di akhir acara, Zainif selaku Pelelang Ahli Muda menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran para tamu undangan ke kantor KPKNL Padang. “Materi fitur ini dapat saudara-saudara pelajari di kantor masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan kami Seksi Pelayanan Lelang siap membantu dengan membawa kelengkapan dokumen yang sudah di-scan” ujarnya, disambut gelak tawa dan tepuk tangan dari para hadirin. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh stakeholder di wilayah kerja KPKNL Padang dapat mulai menerapkan fitur tersebut untuk semua jenis lelang. (Foto dan Teks : Yurista Vipriyanti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini