Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Kunjungan Wakil Menteri Keuangan di Ranah Minang
Andy Raffiwan
Selasa, 13 Agustus 2019   |   362 kali

 

Pada tanggal 8 Agustus sampai dengan tanggal 9 Agustus, Wakil MenMenteri Keuangan Prof. Mardiasmo melakukan kunjungan kerja ke Padang dan Bukit Tinggi. KPKNL Padang bersama Perwakilan Kementerian Keuangan di Sumatera Barat dan perwakilan unit eselon 1 Kementerian Keuangan ikut mendampingi Wakil Menteri Keuangan dalam rangkaian kerjanya di ranah minang. 

Rangkaian kunjungan kerja ini diawali dengan kunjungan ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumatera Barat. Prof. Dr. H. Mardiasmo, MBA yang juga merupakan anggota komisioner OJK Ex Officio Kementerian Keuangan mendengarkan presentasi Kepala OJK Perwakilan Sumatera Barat Darwisman dan memberikan instruksi terkait peran OJK di daerah.  OJK harus memperhatikan akses keuangan rakyat jelata ke perbankan dan mengawasi penyaluran kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga mereka merasakan negara hadir membantu mereka dalam berusaha. OJK Perwakilan Sumatera Barat adalah miniatur OJK Pusat harus bekerja full time job (7/24) dan berintegritas.

Setelah kunjungan ke Kantor OJK Perwakilan Sumatera Barat, Wakil Menteri mendatangi Kanwil Perbendaharaan Sumatera Barat yang juga merupakan Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di Sumatera Barat. Agenda di Kanwil Perbendaharaan adalah pengarahan dengan para pegawai Kementerian Keuangan di Kota Padang dan pertemuan dengan Ikatan Akuntan Indonesia Sumatera Barat. Prof. Dr. H Mardiasmo menyampaikan bahwa pekerjaan di Kementerian Keuangan harus affirmasi ke kaum marjinal agar tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan rakyat merasakan kehadiran Kementerian Keuangan di Sumatera Barat. Kementerian Keuangan sebagai 1 (satu) dari 4 (empat) kementerian/lembaga yang sudah menerima remunerasi 100% harus siap jika suatu saat akan di datangi Presiden Jokowi untuk memastikan bahwa Pegawai Kementerian Keuangan sudah bekerja profesional dengan kapasitas dan integritas yang tinggi.Pegawai Kementerian Keuangan harus mampu bersaing dengan pegawai dari lintas eselon 1 (satu) di Kementerian Keuangan dan bukan internal eselon 1 (satu) karena pola mutasi mendatang adalah antar eselon 1 (satu) di Kementerian Keuangan. Pada kesempatan ini, Kepala KPKNL Padang menerima kenang-kenangan buku karangan Prof. Dr. H. Mardiasmo terbaru.

Kegiatan Wakil Menteri Keuangan diakhiri dengan memberikan ceramah di Seminar Nasional Pengelolaan Keuangan Negara/Daerah Yang Transparan dan Akuntabel di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPD) Kampus Sumatera Barat di Baso, Bukit Tinggi pada hari Jumat tanggal 8 Agustus 2019. Kedatangan rombongan disambut para Mahasiswa IPDN dan tarian Pasembahan .Salah satu materinya adalah terkait Akuntabilitas Pengelolaan Aset Tetap, dimana rendahnya awareness  pada Sektor Publik menyebabkan inefisiensi. Aset tidak hanya dicatat tetapi juga harus termanfaatkan, dan terkadang birokrat tidak terlalu sensitif terhadap cost(merawat aset). (Photo/Teks: Andy Raffiwan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini