KPKNL Padang
Berita DJKN

KPKNL Padang Evakuasi Pegawai!!

Jum'at, 26 April 2019   |   255 kali

Padang (26/04)- KPKNL dan KPPN Padang bekerjasama dengan Tim Tagana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar untuk mengadakan Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami. Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL dan KPPN Padang, sebelum simulasi dilmulai Perwakilan Tim Tagana, Kamran Agus bersama rekannya, Supendi  melakukan briefing kepada para pegawai.

Dalam kesempatan ini, Kamran Agus menyampaikan informasi terkait potensi bencana yang mengancam Sumbar  seperti gempa,  jenis gempa yang dapat menimbulkan tsunami dan ancaman Gempa Megatrash dengan kekuatan berkisar 9,3 SR. Selain itu Kamran juga menyampaikan bahwa lokasi Kantor saat ini berada di Zona Merah. Untuk itu diberikan pengarahan terkait langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi Gempa maupun Tsunami.

Tim mengarahkan agar pegawai yang berada dikantor melakukan Evakuasi Mandiri, yaitu dengan menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu baru menyelamatkan orang terdekat dan kemudian warga sekitar. Jika bencana gempa terjadi,  penanggung jawab ruangan seperti  Kepala seksi disarankan memastikan pegawai keluar dari ruangan  melalui jalur evakuasi dan berkumpul pada titik kumpul yang ditentukan.  Jika gempa yang terjadi berpotensi tsunami, pegawai di arahkan untuk menuju shelter perlindungan terdekat.  Kemudian jika pegawai berada dirumah, tim menyarankan sebaiknya pintu  hanya di pasak untuk memudahkan proses evakuasi. Selain itu disarankan agar setiap rumah menyediakan tas siaga yang berisi pakaian, peralatan P3K, air dan surat berharga yang diletakkan di dekat pintu keluar.

Simulasi dilakukan sebanyak 2 kali. Saat sirine berbunyi, seluruh pegawai KPKNL Padang  dengan antusias melakukan evakuasi mandiri sesuai arahan Tim Tagana. Simulasi berjalan lancar dan ditutup dengan ucapan terimakasih dari Tim Tagana BPBD Sumbar kepada seluruh pegawai yang ikut berpartisipasi. (Teks / Poto: Ayu / Riris)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id