Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Lelang Untuk Negeri, Satukan Hati Bantu Sesama
Andy Raffiwan
Jum'at, 16 November 2018   |   226 kali

Padang (15 November 2018)-Dalam Rangka memperingati 72 Tahun Hari Oeang Republik Indonesia dan 12 Tahun DJKN, KPKNL Padang menyelenggarakan lelang sukarela (lelang amal). Bertemakan “Lelang Untuk Negeri, Satukan Hati Bantu Sesama”, lelang ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala. Lelang dilaksanakan secara open bidding melalui aplikasi e-auction tanpa kehadiran peserta lelang.

Permohonan lelang diajukan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Padang Zainif dan bertindak sebagai Pejabat Penjual. Sebelumnya KPKNL Padang membuka donasi berupa barang untuk dilelang. Donasi berasal dari perseorangan atau badan hukum. Pendaftaran donasi dibuka dari tanggal 05 November sampai 08 November 2018. Tercatat ada berbagai jenis barang yang terkumpul seperti sepeda, jam tangan, rice cooker, kompor, dispenser, kipas angin, dll.

“Dalam lelang amal yang terpenting itu adalah keikhlasan, baik itu dari pihak penjual (donatur)  maupun pembeli. Penjual harus ikhlas mendonasikan barangnya untuk dilelang walalupun harga yang laku lebih rendah dari harga pasar, sedangkan pembeli harus ikhlas menawar barang walalupun pada kenyataannya harga tersebut lebih tinggi dari pada harga pasar. Semua itu sebagai bentuk kepedulian kita untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Semua hasil bersih lelang nantinya akan kita donasikan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala”, Ujar Zainif.

Pelaksanaan lelang dilakukan di ruang e-auction corner KPKNL Padang dan dipimpin oleh Pejabat Lelang KPKNL Padang Sri Nopialti dan disaksikan oleh Pejabat Penjual. Penawaran dibuka pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 10.00 waktu server. Pada pelaksanaannya, terjadi penawaran yang cukup sengit dari peserta lelang. Ini terbukti dari peningkatan harga jual  beberapa barang lelang yang mencapai dua kali lipat dari harga limit yang telah ditetapkan.

Setelah penawaran ditutup, pejabat lelang menetapkan pemenang lelang. Pelaksanaan lelang berjalan dengan sukses dibuktikan dengan kenaikan harga jual lelang dibandingkan dengan jumlah harga limit hamper 50 persen. Seluruh hasil lelang tersebut akan didonasikan untuk membantu korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

 

(Teks/Foto : Yaofan Syukur/Yaofan Syukur)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini