Dalam rangka menunjang pelayanan kepada masyarakat
terutama stakeholder, KPKNL Padang
terus berbenah. Tidak hanya dari
aspek layanan teknis, KPKNL Padang juga memperbaiki
sarana penunjang kenyamanan setiap kalangan yang berkunjung ke KPKNL Padang.
Beberapa
fasilitas baru yang disediakan oleh KPKNL Padang adalah
Tempat Bermain Anak (Play Ground), Kantin
Keujuran,
serta Coffee
Corner.
Tempat Bermain Anak diperuntukkan sebagai arena
bermain bagi anak-anak balita. Dengan demikian, para pengguna
jasa layanan KPKNL Padang yang kebetulan membawa
serta anak-anaknya tidak perlu merasa khawatir anaknya akan merasa bosan.
Hal ini diungkapkan oleh salah seorang
pelaksana satuan kerja KPKNL Padang, Ibu Dini dari Kejaksaan Negeri
Dharmasraya, sekitar lima jam perjalanan dari kota Padang. Ia datang ke KPKNL
Padang untuk melakukan konsultasi terkait Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara
(RKBMN), dengan membawa serta suami dan kedua anaknya, Syafiq (4 tahun) dan
Shafiya (11 bulan).
“Bagus sekali, adanya tempat bermain ini
sangat positif. Anak-anak jadi tidak bosan saat menunggu,” kata Dini.
Sementara itu, Kantin Kejujuran adalah
kantin yang disediakan untuk pengguna
jasa dan pegawai KPKNL Padang. Kantin ini tidak memiliki
petugas, sehingga pembeli dituntut kejujurannya untuk membayar sesuai daftar harga yang dipajang, dengan cara memasukkan ke dalam kotak yang sudah disediakan. Saat ini, Kantin Kejujuran KPKNL Padang menyediakan berbagai macam
camilan, minuman, dan makanan instan, serta alat
tulis kantor (ATK) seperti materai.
Tepat di sebelah Kantin Kejujuran,
terdapat rak dengan dispenser air minum beserta cangkir dan sendok bersih.
Bubuk kopi atau teh siap seduh berada di dalam kontainer kecil yang
berdampingan dengan gula sachet.
Pojok ini sengaja dimaksudkan bagi pengguna jasa layanan KPKNL
Padang yang ingin menikmati teh atau kopi secara
cuma-cuma (gratis).
Selain tiga layanan di atas, sejak tahun
lalu, KPKNL Padang juga telah menyediakan Ruang Kesehatan dan Menyusui (laktasi)
bagi para ibu pengguna jasa atau pegawai KPKNL Padang yang menginginkan privasi untuk menyediakan ASI bagi anaknya, kursi roda serta
jalur khusus bagi penyandang disabilitas, parkir khusus wanita, dan sarana free charging.
Fasilitas-fasilitas
yang tersedia dimaksudkan untuk
meningkatkan kenyamanan masyarakat
terutama stakeholder KPKNL Padang. Di samping
itu, optimalisasi layanan
ini diharapkan juga menjadi poin
tambahan bagi KPKNL Padang dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih
Melayani (WBK/WBBM), serta
Pengelolaan Kinerja Utama Peningkatan Pelayanan Publik (PKUPPP). Semoga pelayanan KPKNL Padang semakin baik, dan
lebih baik lagi. (AR/NF/Tim HI KPKNL Padang)