Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Lelang UMKM KPKNL Metro
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 30 September 2022   |   370 kali

KPKNL Metro sebagai unit vertikal DJKN Kementerian Keuangan, turut mengambil peran aktif dalam pemberdayaan UMKM, khususnya yang ada di wilayah kerja KPKNL Metro. Salah satu upaya yang dilakukan adalah bagaimana mendorong para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui lelang. Layanan lelang yang ada di DJKN yang menjadi media alternatif transaksi jula beli produk UMKM dilaksanakan melalui portal lelang Indonesia lelang.go.id. Dalam portal Lelang Indonesia ini sudah tersedia fitur khusus UMKM , yang didalamnya menampilkan barang-barang  produk pelaku UMKM yang dilelang.

Untuk lebih menarik minat masyarakat maupun pelaku UMKM dalam menggunakan lelang.go.id, dilakukan beberapa terobosan baru diantaranya yaitu, untuk lelang UMKM tersebut, dapat diberlakukan secara extended auction yaitu pengumuman lelang tetap dapat dicantumkan di Portal Lelang Indonesia, meskipun sudah lewat jadwal lelangnya, untuk kemudian diajukan lelang ulang bila belum terjual dan  lelang dilaksanakan tanpa Uang Jaminan.

Rabu (28/9), bertempat di ruang e auction KPKNL Metro, Mizan Abidi, Pejabat Lelang Ahli Muda KPKNL Metro, didampingi Mahfud dan Teridefira sebagai Saksi, serta Angga Aprianto selaku Kuasa Pemohon Lelang, melaksanakan lelang UMKM untuk produk-produk UMKM yang berada di Kota Metro berupa 2 lot Batik Silabi produk SLB Wiyata Dharma dan 50 lot  Kripik Pisang Tunas, yang laku terjual seluruhnya. Pelaksanaan lelang ini telah mencatatkan pokok lelang sebesar Rp. 1.150.000,00.

Melalui pelaksanaan lelang UMKM produk Batik Silabi dari SLB Wiyata Dharma  dan Kripik Pisang Tunas,  diharapkan  dapat sebagai sarana bagi para pelaku  UMKM/UKM baik yang berada di wilayah kota Metro maupun diluar Kota Metro, untuk memperluas pemasaran  produknya, sehingga dapat  semakin menggerakan gairah perokonomian di wilayahnya, dan perekonomian nasional pada umumnya. Pelaksanaan Lelang Non Eksekusi Sukarela, yang berasal dari produk UMKM/UKM kota Metro, juga merupakan wujud  dukungan KPKNL METRO terhadap program pemulihan ekonomi nasional melalui kepedulian terhadap produk anak bangsa, responsif dan adaptif atasi pandemi guna bangkitkan ekonomi.  Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen pemerintah  menjadi kunci keberhasilan  dalam mendukung UMKM dan perekonomian daerah dan nasional. Bangga Buatan Indonesia, UMKM Jaya, Indonesia Maju.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini