Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Memupuk Cinta Negeri Melalui Pengelolaan Keuangan Pribadi
Desiana Wahyuningsih
Rabu, 07 September 2022   |   66 kali

        Selasa (6/9)   melalui media zoom, para pegawai KPKNL Metro dengan penuh antusiasme mengikuti Focus Group Discussion Pejabat Administrator Kementerian Keuangan Periode Triwulan III yang mengambil tema Memupuk Cinta Negeri Melalui Pengelolaan Keuangan Pribadi. FGD ini dipimpin langsung oleh Maya Sartika selaku Pejabat Administrator KPKNL Metro. Antisipasi terhadap penurunan take home pay yang signifikan di masa pensiun, membantu pencapaian tujuan keuangan dan mencegah terjerumsnya kedalam tindak pidana korupsi menjadi tiga poin penting mengapa perlu melakukan perencanaan keuangan, sebagai bagian proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelollaan keuangan secara terintegritas dan terencana. Belajar Kelola keuangan dengan baik agar bisa Kelola keuangan negara dengan lebih baik, menjadi poin pembuka yang disampaikan oleh Maya Sartika dalam mengawali FGD.

Sebagai ASN akan dihadapkan pada dua posisi sebagai ASN “Jeprut” (Jelang Masa Pensiun masih terjerat utang ) atau ASN “Jempolan) Jelang Masa Pensiun punya berbagai opsi penghasilan. Tentukan tujuan keuangan, financial Check Up, Action Plan (cash flow/investasi) dan pencapaian tujuan keuangan menjadi empat tahap Langkah perencanaan keuangan.

Maya Sartika juga menyampaikan bahwa kesalahan umum yang terjadi dalam menghadapi masa pensiun yaitu tidak memiliki perencanaan/terlambat memulai, mengabaikan persiapan mental psikologis, mengabaikan inflasi, menabung terlalui sedikit, berinvestasi terlalu konserfativ, tidak merencanakan antisipasi resiko. Mengapa harus merencanakan pensiunPenghasilan  terhenti/berkurang, adanya tanggungan anak yang belum mandiri, biaya hidup cenderung naik terutama untuk Kesehatan, harapan hidup semakin Panjang dan minimnya tunjangan pemerintah.

Investasi pada surat berharga negara ritel sebagai wujud cinta tanah air dan partisipasi aktif dalam pembiayaan pembanguna. Berdasarkan hasil survey SBN Ritel di internal Kemenkeu, alas an terbanyak membeli SBN Ritel adalah infestasi aman, ikut berkontribusi kepada pembiayaan negara, menguntungkan, minimum investasi terjangkau, cash management dan hobi.

Likuiditas yang berlimpah dan minat masyarakat terhadap investasi yang aman ditengah kondid pandemic covid 19 sejak tahun 2020 s.d 2022 capaian SBN Ritel Tahun 2020-2022 menunjukan animo masyarakat tetap tinggi di tengah kondidi pandemic covid 19. SR015 berhasil  mencapai penjualan terbesar (Rp. 27 T) sedangkan ORI021 meraih investor terbanyak (56.238 Investor). Proses marketing, publikasi, promosi dan penjualan dilakukan secara online. Sampai dengan semester I tahun 2022 seri SBN ritel yang telah diterbitkan adalah ORI021, SR016 dan SBR011.

Lebih lanjut Maya Sartika juga menyampaikan bahwa system kesehetan global, transformasi ekonomi digital, transisi energi menjadi agenda prioritas Presidensi G 20 Indonesia. Pemulihan Kesehatan global membutuhkan Kerjasama internasional yang lebih kuat untuk memastikan standar Kesehatan global yang sama dan kolaborasi yang lebih kuat untuk membangun ketahanan komunitas global terhadap pandemic ke depan. Potensi digitalisasi ekonomi global dapat dicapai dengan membangun lanskap Kerjasama antar negara  dan semua pemangku kepentinganuntuk mencapai kesejahteraan Bersama di era digital. Seiring dengan upaya global untuk memastikan kebutuhan energi, percepatan transisi energi yang lebih bersih menjadi penting, sehingga perlu ditangani dengan pendekatan dan dimensi baru, untuk memastikan energi di masa depan yang lebih bersih bagi komunitas global.

Untuk menggali pemahaman Para Pegawai KPKNL Metro atas materi FGD yang disampaikan, Maya Sartika memberi kesempatan kapada para peserta FGD untuk saling menanggapi dan memberikan pendapat terkait implementasi Memupuk Cinta Negeri Melalui Pengelolaan Keuangan. Mari Bersama belajar mengelola  keuangan pribadi dengan baik agar bisa Kelola keuangan negara lebih baik

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini