Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Gebyar Lelang UMKM KPKNL Metro
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 25 Maret 2022   |   154 kali

Dalam rangka memperingati 114 Tahun Lelang Indonesia  yang dilaksanakan mulai bulan Februari s.d Maret 2022, Direktorat Jendral Kekayaan Negara melalui Direktorat Lelang  mengagendakan kegiatan bulan sinergi  dan eduksi lelang  seta Gebyar Lelang Produk UMKM  Tahun 2022. Gebyar Lelang produk UMKM, dilaksanakan pada hari Kamis, 24/03. KPKNL Metro sebagai unit vertikal DJKN turut melaksanakan lelang non eksekusi sukarela, berupa produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah / Usaha Kecil dan Menengah (UMKM/UKM) yang berasal dari Delnaz Craft, salah satu UMKM di Kota Metro

Pelaksanaan Lelang UMKM KPKNL Metro dipimpin oleh Mizan Abidi selaku Pejabat Lelang, dengan saksi Yusrina Latifa, dan dihadiri oleh Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro. Adapun Della Yusfa Dewanti dari Delnaz Craft selaku Pejabat Penjual. Obyek lelang adalah empat paket barang yang berupa, Tas Ransel Tapis, Tas Crossbody Tapis, Tas Hammock Tapis dan Pouch Tapis berbagai ukuran.  Pelaksanaan lelang ini telah mencatatkan pokok lelang sebesar Rp. 2.085.000,- dan PNBP sebesar Rp. 72.975,-.

Pelaksanaan Lelang Non Eksekusi Sukarela, yang berasal dari produk UMKM/UKM kota Metro, merupakan wujud  dukungan KPKNL METRO terhadap program pemulihan ekonomi nasional melalui kepedulian terhadap produk anak bangsa, responsif dan adaptif atasi pandemi guna bangkitkan ekonomi.  Program Pemulihan Ekonomi  Nasional (PEN) yang dicanangkan antara lain bertujuan menguatkan  UMKM/UKM di tengah krisis ekonomi saat ini. Sebagaimana kita ketahui   bahwa UMKM/UKM mendominasi perekonomian Indonesia.

Untuk lebih menarik minat masyarakat maupun pelaku UMKM dalam menggunakan lelang.go.id, dalam pelaksanaan Gebyar Lelang Produk UMKM Tahun 2022 tersebut, dilakukan beberapa trobosan baru diantaranya yaitu:

a. Untuk lelang UMKM tersebut, dapat diberlakukan secara extended auction yaitu pengumuman lelang tetap dapat dicantumkan di Portal Lelang Indonesia, meskipun sudah lewat jadwal lelangnya, untuk kemudian diajukan lelang ulang bila belum terjual.

b. Lelang tanpa Uang Jaminan;

c. Setiap KPKNL harus menayangkan minimal 3 produk UMKM.

d. Mencantumkan link ekspedisi yang akan melayani pengiriman obyek lelang pada pengumuman lelang.

Melalui pelaksanaan lelang UMKM produk Delnaz Craft,  diharapkan lelang dapat sebagai sarana bagi para pelaku  UMKM/UKM khususnya yang berada di wilayah kerja KPKNL Metro untuk memperluas pemasaran  produknya, sehingga dapat  semakin menggerakan gairah perokonomian di wilayahnya, dan perekonomian nasional pada umumnya. Sinergi dan kontribusi aktif seluruh elemen pemerintah  menjadi kunci keberhasilan  dalam mendukung UMKM dan Perekonomian daerah dan nasional.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini