Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KPKNL METRO RAIH PREDIKAT ZI WBBM 2021
Desiana Wahyuningsih
Selasa, 21 Desember 2021   |   192 kali

Dalam acara Apresiasi Penganugrahan Zona Integritas  (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pada Senin (20/12) secara  hybrid, sebanyak 558 unit kerja berhasil mendapatkan predikat ZI WBK/WBBM dan KPKNL Metro menjadi salah satu unit kerja yang menerima predikat ZI WBBM 2021.

Kementrian PAN RB pada tahun 2021 menerima usulan untuk mendapatkan predikat ZI WBK/WBBM dari 4.402 unit kerja. Dari jumlah tersebut sebanyak 486 unit kerja dinyatakan berhasil meraih predikat ZI WBK dan 72 unit kerja berhasil meraih predikat ZI WBBM. Acara apresiasi penganugrahan ZI WBK/WBBM ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin secara virtual, yang dalam sambutannnya Beliau, menyampaikan pembangunan ZI  WBK/WBBM secara massif yang di iringi profil sumber daya manusia yang mumpuni di setiap instansi diharapkan mampu membawa dampak yang lebih luas dalam pelayanan public sehingga membawa pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing nasional. Integritas moral merupakan pondasi dan nilai karakter yang diperlukan dalam membangun kerjasama dan kemitraan berbasis trust termasuk di tingkat global.

Deputi Bidang Reformasi Borokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus, dalam sambutannnya menyampaikan “Dengan semakin banyaknya unit kerja WBK/WBBM maka diharapkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan melayani kepada public dengan prima akan semakin tumbuh dan berkembang sebagaimana harapan kita semua pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha”. Pembangunan ZI WBK/WBBM merupakan salah satu arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden  Ma’ruf Amin, yang mengatakan pentingnya  menciptakan pemerintahan yang bersih, efektif, bebas dari korupsi, terpercaya dan berintegritas dalam menghadapi tantangan revolusi industry 4.0. Untuk itu pembangunan zi WBK/WBBM merupakan suatu kebutuhan yang harus segera dilaksanakan dalam rangka meningkatkan percepatan reformasi birokrasi.

Ada enam tahapan dalam pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM yang harus dilalui oleh setiap unit kerja yang mengikuti penilaian. Tahapan pertama adalah Pencanangan Zona Integritas pada unit kerja. Tahapan  kedua, yakni pembangunan terhadap enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Kemudian Tahapan  ketiga, penilaian oleh Tim Internal. Tahapan tersebut dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional. Tahapan  kelima, penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK/WBBM. Sedangkan tahapan terakhir adalah penyerahan penghargaan ZI WBK/WBBM kepada unit kerja tersebut.

Pembangunan enam area perubahan pada KPKNL Metro dilaksanakan secera terencana dan berkelanjutan yang di dukung  dengan berbagai inovasi untuk peningkatan kualitas pelayanan. Komitmen yang di dukung dengan kontribusi optimal dan Integritas tinggi dalam pelayanan dari seluruh  pegawai KPKNL Metro untuk mewujudkan ZI WBBM berhasil mengantarkan KPKNL Metro meraih predikat ZI WBBM 2021. Keberhasilan KPKNL Metro dalam mencapai predikat ZI WBBM, juga  tidak lepas dari dukungan dan kerjasama para pengguna layanan dan mitra kerja yang telah terjalin dengan baik. Untuk Itu KPKNL Metro mengucapkan terima kasih dan akan terus melakukan upaya perbaikan perbaikan dan peningkatan kualitas  layanan agar pelayanan prima yang berintegritas tetap dapat diberikan.

KPKNL METRO Siap Melayani Penuh Integritas. 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini