Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
FORUM KOMUNIKASI PUBLIK PIUTANG NEGARA DENGAN PARA PENYERAH PIUTANG DI WILAYAH KERJA KPKNL METRO
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 10 Desember 2021   |   138 kali

Dalam rangka edukasi dan kumunikasi di bidang pengurusan piutang negara, Rabu (8/12) melalui media zoom,  KPKNL Metro melaksanakan kegiatan forum komunikasi public piutang negara. Acara ini diikuti oleh para Penyerah Piutang di wilayah kerja KPKNL Metro dengan agenda utama Evaluasi pengurusan Piutang Negara/Daerah Tahun 2021 dan  Edukasi Penghapusan Piutang Negara/Daerah.

KPKNL Metro yang diwakili oleh Kepala Seksi Piutang Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Penyerah Piutang yang telah berkontribusi sehingga seluruh target piutang negara dapat tercapai,  serta ucapan terima kasih telah menjadi responden dalam berbagai survei terkait layanan KPKNL Metro yang dilakukan selama tahun 2021.

Materi edukasi dan komunikasi piutang negara disampaikan oleh Suherman,  Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Metro. Kinerja pengurusan piutang negara dari tahun 2019 sampai dengan awal Desember 2021, Realisasi pelaksanaan crash program keringanan utang tahun 2021,  Berkas Piutang Negara aktif yang masih dilakukan pengurusan beserta strategi yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, menjadi materi pertama yang disampaikan oleh Suherman.

Materi terkait penghapusan piutang negara/daerah disampaikan dengan menjelaskan mengenai mekanisme secara keseluruhan proses pengelolaan piutang negara dimana penghapusan merupakan bagian dari proses pengelolaan piutang negara, piutang yang tidak dapat diserahkan kepada PUPN/KPKNL,  dasar hukum penghapusan piutang negara/daerah, Jenis/kategori penghapusan piutang beserta kewenangan penghapusan,  prosedur dan persyaratan penghapusan secara bersyarat, prosedur dan persyaratan penghapusan secara mutlak,  prosedur dan persyaratan penghapusan terhadap piutang yang tidak dapat diserahkan ke PUPN/KPKNL.

Untuk menggali lebih dalam pemahaman para peserta tentang pengurusan piutang negara/daerah serta penghapusan piutang negara/daerah dibuka sesi diskusi yang langsung di respon oleh Suherman. Mekanisme penghapusan piutang BLU, Program/kegiatan pengurusan piutang negara yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, Kategori piutang negara sampai dengan  8 juta rupiah yang tidak dapat diserahkan ke PUPN dan Pihak mana saja yang dapat melakukan kerja sama pengelolaan piutang, dibahas lebih lanjut dalam sesi diskusi ini, agar para Penyerah Piutang menjadi lebih tercerahkan.

Tingkat efektivitas pelaksanaan kegiatan edukasi dan komunikasi piutang negara ini, dapat diketahui melalui hasil  survey online yang ditujukan kepada para peserta kegiatan. Survey dilakukan dengan megukur empat komponen yaitu tingkat pemahaman, kesesuain materi, kualitas narasumber, serta sarana dan prasarana. Melalui Forum komunikasi publik antara KPKNL Metro dengan Penyerah Piutang diharapkan dapat mengoptimalkan hasil pengurusan piutang serta menjadi  salah satu upaya dalam peningkatan layanan pengurusan piutang kepada para pengguna jasa.

KPKNL Metro Siap Melayani Penuh Integritas.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini