Sharing session PROAKTIF
(Program Aktual dan Inovatif) menjadi
salah satu sarana bagi para pegawai KPKNL Metro untuk saling berbagi informasi
dan meningkatkan pengetahuannya terkait tusi dan dinamika pembangunan ZI
WBBM yang ada di KPKNL Metro. Kamis
(12/8) melalui media zoom meeting
menjadi sarana Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik untuk
menyampaikan materi sharing session PROAKTIF dengan tema “Pembangunan Zona Integritas
Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)” yang terkait dalam pembangunan area peningkatan kualitas pelayanan publik yang ada di KPKNL Metro.
Peningkatan kualitas pelayanan publik bertujuan untuk meningkatkan
kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah
secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Untuk mencapai tujuan
tersebut target/sasaran yang ingin dicapai berupa:
1.
Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih
cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau) pada Unit Kerja ZI
menuju WBK/WBBM;
2.
Meningkatnya standardisasi pelayanan menjadi
berstandart internasional pada Unit Kerja menuju WBK/WBBM; dan
3.
Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat
terhadap penyelenggaraan pelayanan pada Unit Kerja ZI menuju WBK/WBBM.
Atas dasar hal tersebut, maka terdapat beberapa
indikator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan
publik, yaitu:
1.
Implementasi Standar Pelayanan
2. Implementasi Budaya Pelayanan Prima dalam
memberikan layanan
3. Pelaksanaan Penilaian Kepuasan Pelanggan,
jelas Mizan
Abidi, selaku Koordinator Pokja
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik KPKNL Metro, dalam penyampaian materinya.
Sesi diskusi menjadi sesi yang sangat menarik untuk
disimak, karena pada sesi inilah setiap pegawai diberi kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar
pikiran terkait bagaimana upaya pembangunan peningkatan kualitas pelayanan publik
dilaksanakan. Pada masa pandemik Covid-19 saat ini, diharapkan seluruh seksi
dapat mengutamakan pelayanan tatap muka secara daring dengan menggunakan media
aplikasi rapat zoom dan sejenisnya serta mengingatkan penerima layanan untuk
mengisi buku tamu melaui tautan https://linktr.ee/GLV_KPKNL_Metro
Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro dalam arahanya juga
menyampaikan agar masukan dari KPKNL Bekasi selaku mentor KPKNL Metro dalam
pembangunan ZI WBBM yang disampaikan pada rapat monev dan mentoring ZI WBBM
dengan KPKNL Bekasi melalui zoom pada tanggal 06 Agustus 2021, segera untuk
ditindaklanjuti. Semua inovasi layanan yang ada pada KPKNL Metro agar dapat
diberi nama yang mudah diingat oleh para penerima manfaat inovasi. Sinergi dari
seluruh pokja harus terus dibangun dan ditingkatkan, agar seluruh program-program
pembangunan ZI WBBM dapat berjalan dengan baik, dan pelayanan kepada para
pengguna jasa terus meningkat kualitasnya.