Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KEMENKEU SATU KEMENKEU TERPERCAYA (FGD PEJABAT ADMINISTRATOR TW II TAHUN 2021)
Desiana Wahyuningsih
Rabu, 23 Juni 2021   |   1360 kali

Metro, (22/06), tepat pukul 09.00 WIBB, para pegawai KPKNL Metro bersua melalui media zoom meeting dalam acara Focus Group Discusion (FGD)  Pejabat Administrator Triwulan II tahun 2021. Kemenkeu Satu Kemenkeu Terparcaya, menjadi topik yang cukup menarik untuk dikupas tuntas. Maya Sartika, selaku Kepala KPKNL Metro memimpin langsung FGD dengan didampingi Dwiyanto Sinung Wibowo, Kepala Seksi Kepatuhan Internal.

Dalam pembukaannya Maya Sartika menyampaikan angka skor indeks budaya kemenkeu terendah ada di komponen nilai INTEGRITAS, SINERGI, dan KESEMPURNAAN. Nilai-nilai tersebut menjadi prioritas untuk dilakukan penguatan dengan konsep collaborative action budaya KEMENKEU SATU. Kolaborasi dalam mendukung kemenkeu satu merupakan upaya bersama untuk menghasilkan ide-ide dan menyelesaikan persoalan bersama-sama menuju visi bersama  yang menjadi  katalis bagi perkembangan organisasi/unit kerja melalui memikirkan kembali bisnis, pergantian proses, dan adaptasi budaya. Tidak menghilangkan kewenangan, bekerjasama untuk tumbuh bersama-sama, kolaborasi fungsi, prosedur dan TIK, standardisasi layanan, standardisasi sikap/prilaku, memonitor capaian visi Kemenkeu, menjadi prinsip-prinsip dasar untuk terwujudnya Kemenkeu Satu

Kemenkeu Satu merupakan program bersama, yang diinisiasi dan diimplementasi  bersama, untuk kepentingan Kemenkeu. Pejabat Administrator  merupakan unsur pimpinan penting yang menentukan keberhasilan program ini. Konsep Kemenkeu Satu bukan konsep bersifat top down, melainkan juga terbuka terhadap aspirasi (bottom up). Tanpa monev yang baik, maka program kemenkeu Satu hanya akan berhenti di tataran konsep dan tidak terwujud implementasi nyata yang berdampak, menjadi kunci sukses nya, jelas maya.

IT Security Awareness menjadi materi berikutnya yang disampaikan oleh Maya Sartika. IT Security bukan hanya tanggung jawab Top Management, Tim TIK, maupun Tim Keamanan Informasi saja, namun merupakan tanggung jawab seluruh elemen organisasi. Untuk itu  semua pegawai wajib memahami pentingnya keamanan informasi dan tanggung jawab mereka terkait keamanan informasi. Adanya gangguan keamanan informasi berdampak pada terganggunya kegiatan operasional, rusaknya reputasi, kerugian finansial, hilangnya trust dari stakeholder, kehilangan kekayaan intelektual, dan kebocoran informasi, tegas Maya.

Pada kesempatan ini Dwiyanto Sinung, W, berkesempatan menyampaikan materi Joint Program Kemenkeu sebagai wujud kolaborasi Bidang Penerimaan. Pelaksanaan hal-hal strategis dalam Program Sinergi 2021 diharapkan menjadi penguat dalam implementasi yang lebih mandiri dan terlembagakan dalam pelaksanaan tugas Unit Eselon I Kemenkeu. Joint Analisis, Joint Audit, Joint Investigasi, Joint Intelligence, Joint Collection, Joint Proses Bisnis & IT, Secondment, menjadi pokok-pokok strategis dalam pelaksanaan program  sinergi 2021. Grand Design Implementasi Program sinergi tertuang dalam KMK-210/KMK.01/2021. Jelas sinung.  Kita di Kementerian Keuangan sebetulnya duduk di atas sebuah tumpukan data sangat banyak. Pada era digital yang disebut tambang adalah tambang data .Tapi tentu data yang kita olah dan pahami. Mengutip apa yang disampaikan oleh Sri Mulyani.

Sebagai umpan balik dari penyampaian materi dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dari para peserta FGD atas materi yang disampaikan, dibuka sesi diskusi interaktif. Pada akhir FGD, mengutip pesan Sri Mulyan, Maya Sartika menyampaikan bahwa di lingkungan Kemenkeu  Teamwork adalah penting sekali. Tidak ada tempat  bagi ego individual dan ego unit, saya minta  tidak ada lagi silo silo di Kementerian Keuangan, Ia juga berharap di masa pandemi Covid 19 ini para Pegawai KPKNL Metro diharpakan tetap dapat memberikan pelayanan terbaiknya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sebagaimana semangat mewujudkan KPKNL Metro sebagai unit kerja dengan predikat WBBBM. KPKNL Metro Siap Melayani Penuh Integritas.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini