Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Pengembalian Piutang BPJS Ketenagakerjaan sebagai Tindak Lanjut SE-01/KN/2021
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 23 April 2021   |   311 kali

Metro- Dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid 19, Rabu (21/04), bertempat di aula KPKNL Metro,  secara langsung  dilaksanakan pengembalian BKPKN penyerahan dari BPJS Ketenagakerjaan. Acara ini dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lampung Tengah (Ibu Darwati) dan Kepala  BPJS Ketenagakerjaan Metro (Bapak Gustanto Ackmad) beserrta jajarannya. Pengembalian BKPN Penyerah BPJS Ketenagakerjaan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut ditetapkannya Surat Edaran Direktur Jenderal  Kekayaan Negara nomor SE-01/KN/2021 tanggal 5 Maret 2021 tentang  Pengurusan Piutang Penyerahaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan  yang telah memberikan kepercayaan kepada KPKNL Metro untuk melakukan pengurusan piutang negara. Dari pelaksanaan join program  dan sinergi antara pihak KPKNL dan BPJS telah terselesaikan piutang macet yang ada,  baik melalui mekanisme  pelunasan hutang  maupun mekanisme penarikan piutang.

Dalam sambutannya  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Metro dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lampung Tengah menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang  terjalin dengan baik  antara KPKNL dan BPJS Ketenagakerjaan  dalam pengurusan piutang negara. Meskipun dalam pengurasan piutang BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak terjalin kerjasama lagi namun antara BPJS dan KPKNL Metro tetap dapat berkerjasama dalam tema kegiatan yang berbeda.

Sebelum pengembalian BKPN resmi dilakukan, diawali dengan proses rekonsiliasi data BKPN meliputi  jumlah BKPN, nilai piutang pada setiap BKPN berdasarkan nilai  pada saat diserahkan ke KPKNL  dikurangi dengan angsuran/pembayaran  apabila ada, tahap pengurusan terakhir serta dokumen jaminan apabila ada. Mengingat berdasarkan hasil inventarisasi  atas berkas aktif dan berkas PSBDT atas piutang  BPJS Ketenagakerjaan, sampai dengan tanggal 21 April 2021 tercatat dua berkas aktif dan tidak ada berkas PSBDT.

Dengan diterapkannnya SE-01/KN/2021, mekanisme pengelolaan piutang BPJS Ketenagakerjaan dilakukan tanpa melalui penyerahan ke KPKNL/PUPN.  Pengelolaan piutang BPJS dilakukan melalui mekanisme yang diatur tersendiri oleh BPJS. Untuk kedepannya diharapkan antara KPKNL Metro dan BPJS tetap dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam tema kegiatan yang berbeda.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini