Metro- Dalam rangka persiapan
seleksi internal kepada sejumlah Kantor Wilayah dan Kantor Pelayanan pada
lingkup DJKN yang telah memenuhi syarat diusulkan sebagai peserta penilaian Kantor
Pelayanan Terbaik (KPT) / Kantor Wilayah Terbaik (KWT ) tahun 2021, Selasa (20/04), melalui media zoom, KPKNL Metro melaksanakan rapat
persiapan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dan Penyempurnaan
Standar Pelayanan. Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Metro dan di ikutI oleh seluruh Pegawai KPKNL Metro, dilaksanakan mengingat
KPKNL Metro menjadi salah satu KPKNL yang diusulkan untuk mengikuti seleksi
internal Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2021 di lingkungan DJKN. Penilaian
Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) dan Kantor Wilayah Terbaik (KWT) diaksanakan
dalam rangka evaluasi kinerja terhadap penyelenggaran pelayanan publik serta
pemberian apresiasi terhadap kantor terbaik tahun 2021 di lingkungan DJKN maupun Kementerian Keuangan.
Suherman, Kepala Seksi Piutang
Negara KPKNL Metro, mengawali rapat dengan pemaparan materi Penilaian Kantor
Pelayanan Terbaik (KPT) dan Penyempurnaan Standar Pelayanan. Latar Belakang
KPT, Persyaratan dan Mekanisme KPT, Instrumen Penilaian, Lesson Learned Penilaian KWT/KPT, dan Penyempurnaan Standar Pelayanan yang mengacu pada KEP-21 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan
KPKNL dan KMK nomor 601/KM.1/2021 tentang Standar Operasional Prosedur Layanan
Unggulan Kemenkeu, disampaikan secara lugas, oleh Suherman.
Dalam arahannya, Maya Sartika,
selaku Kepala KPKNL Metro, menegaskan bahwa kita telah berkomitmen mewujudkan pelayanan prima yang berintegritas di KPKNL Metro, untuk itu seluruh pegawai KPKNL Metro juga harus
bersinergi dan saling mendukung dalam mempersiapkan seluruh
elemen penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dengan memperhatikan kelengkapan
persyaratan yang harus dipenuhi dan norma waktu penyampainnya. Mengingat waktu
persiapan dan penyampaian dokumen pendukung sangat terbatas, masing-masing tema
kegiatan ditunjuk PIC nya untuk mengkoordinir dan memastikan seluruh elemen
pendukung penilaian dapat terpenuhi tepat waktu.
Untuk memberikan gambaran secara
menyeluruh terkait persiapan pelaksanaan penilaian Kantor Pelayanan Terbaik
dibuka sesi diskusi yang memberi kesempatan kepada seluruh pegawai untuk
menyampaikan masukan dan tanggapan dalam pemenuhan penilaian KPKNL Metro
sebagai kantor pelayanan terbaik. Pada kesempatan ini seluruh pegawai KPKNL
Metro berkomitmen untuk bersama mewujudkan KPKNL Metro sebagai Kantor Pelayanan
Terbaik di lingkungan DJKN maupun Kementerian Keuangan.