Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Lelang BMD Pemkab Lampung Tengah
Budi Satrio
Senin, 14 Desember 2020   |   180 kali

Jumat, 11 Desember 2020, KPKNL Metro  kedatangan rombongan dari Pemda Kabupaten Lampung Tengah. Rombongan yang dipimpin oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Pemda Lampung Tengah, Sardjito, bermaksud untuk menghadiri lelang penghapusan Barang Milik Daerah (BMD)  Pemda Kabupaten Lampung Tengah, yang telah mendapat Penetapan Lelang dari KPKNL Metro. Pelaksanaan lelang ini merupakan tindak lanjut telah disetujuinya penjualan 41 Lot BMD dalam kondisi rusak berat yang sudah tidak dapat digunakan lagi dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi kedinasan di lingkungan Pemkab Lampung Tengah. Setelah mendapatkan persetujuan Bupati Lampung Tengah, terhadap 41 Lot BMD yang akan dihapuskan  dimohonkan  kepada KPKNL Metro untuk dilelang.

Aula KPKNL Metro menjadi tempat  lelang dilaksanakan, yang tentunya tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Prinsip 3M, benar-benar dijalankan. Mengawali pelaksanaan lelang, Sardjito yang juga berlaku sebagai Pejabat Penjual, berkesempatan menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik antara Pemda Kab. Lampung Tengah dan KPKNL Metro. Sardjito menegaskan kembali bahwa BMD yang dilelang ini telah mendapat persetujuan penjualan dari Bupati Lampung Tengah dikarenakan BMD tersebut sudah dalam kondisi rusak berat dan tidak dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi  kedinasan,. Lelang penghapusan BMD ini juga dilaksanakan  demi terciptanya penatausahaan BMD yang baik dan akuntabel.

Lelang dilaksanakan melalui internet dengan metode penawaran closed bidding ini  cukup banyak menarik peminat, terlihat dari banyaknya penyetor jaminan di setiap lot barang yang ditawarkan. Tepat pukul 14.30, dengan cekatan  Fungsional Pelelang Muda KPKNL Metro, Nadirsyah, membuka pelaksanaan lelang, mulai Lot 1 sampai dengan Lot 41, dibuka satu persatu dan ditetapkan siapa saja yang menjadi pemenangnya atau tidak ada penawaran. Dari 41 lot obyek lelang yang ditawarkan dihasilkan  40 Lot laku lelang dan 1 Lot Tidak Ada Penawaran (TAP). Diakhir pelaksaanaan lelang tercatatkan  nilai total  barang laku terjual  sebesar Rp. 964.612.795,00 dari total nilai limit sebesar Rp.487.542.000,00 atau secara keseluruhan mengalami kenaikan  98% dari nilai limit yang ditetapkan. “Luar Biasa” demikian ungkapan Sardjito setelah pelaksanaan lelang selesai. Kenaikan harga yang cukup fantastis.     

Pelaksanaan lelang ini merupakan wujud kolaborasi KPKNL Metro dan Pemda Kabupaten Lampung Tengah  untuk terwujudnya tata kelola BMD yang baik dan akuntabel. Kolaborasi  ini akan terus disebarkan kepada pemda di wilayah kerja KPKNL Metro sebagai bentuk dukungan KPKNL Metro dalam terciptanya tata kelola BMD yang baik dan akuntabel. Di masa Pandemik Covid 19, KPKNL Metro tetap berprinsip bahwa pelayanan kepada pemangku kepentingan harus tetap berjalan baik dan lancar dengan tetap memperhatikan Protap kesehatan, pencegahan penyebaran Covid 19. Bravo KPKNL Metro.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini