Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Edukasi Piutang Negara, Sosialisasi PER-07/KN/2020 (Virtual Zoom Meeting dan Tatap Muka)
Budi Satrio
Jum'at, 10 Juli 2020   |   277 kali

Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada para pengguna layanan mengenai mekanisme pengurusan piutang negara selama masa tanggap darurat Covid 19, serta menginformasikan adanya inovasi layanan piutang negara, Kamis (9/7), KPKNL Metro menyelenggarakan kegiatan edukasi di bidang piutang negara, yang diikuti oleh para stakeholder di wilayah kerja KPKNL Metro. Berlaku sebagai narasumber, Kabid Piutang Negara Kanwil DJKN Lamkulu, B. Gultom dan Kepala Seksi Piutang Negara, Suherman.

Edukasi dilaksanakan secara virtual  dan tatap muka, dengan tetap berpedoman pada protap kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Stakeholder yang berada di kota Metro diundang untuk hadir secara tatap muka sedangkan stakeholder yang berada diluar kota metro secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Dibuka oleh Kepala KPKNL Metro, Maya Sartika menegaskan walapun ada tatap muka dalam edukasi ini, pihaknya tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. Sarana dan prasarana pendukung telah disediakan oleh KPKNL Metro, agar pelayanan tetap dapat diberikan secara aman bagi semua pihak. Maya juga mengharapkan dukungan stakeholder agar KPKNL Metro dapat mempertahankan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) yang diperoleh pada tahun 2019 dan dapat mewujudkan diri sebagai kantor dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Materi Edukasi, PER-07/KN/2020 tentang Panduan Pemberian Layanan Pengurusan Piutang Negara Pada KPKNL Dalam Status Bencana Nasional Non Alam Penyebaran Covid 19, disampaikan secara rinci oleh B. Gultom. Terdapat pengembangan layanan piutang negara oleh KPKNL yang disesuaikan dengan upaya pencegahan Covid 19, diantaranya terdapat kemudahan penyampaian berkas penyerahan secara online, dan penyampaian produk hukum pengurusan piutang negara juga secara online, ujar B. Gultom

Sesi materi selanjutnya disajikan oleh Suherman, Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Metro, yang menyampaikan adanya dua inovasi layanan piutang negara,  Virtual Account dan LUNAS. Inovasi Virtual Account adalah solusi dari setoran tidak jelas yang masuk rekening penampungan piutang sedangkan inovasi  LUNAS atau Layanan Update Nilai Akumulasi Setoran, yang dapat diakses melalui link dokumen secara terbatas dengan terlebih dahulu didaftarkan ke KPKNL. Layanan ini berisi informasi yang dapat diakses oleh Penanggung Hutang diantaranya adalah nilai penyerahan, rincian setoran, saldo hutang dan tahap pengurusan. Penyediaan LUNAS ini sejalan dengan upaya untuk meminimalisasi tatap muka secara langsung, dan diharapkan memberikan kemudahan akses informasi pengurusan piutang Negara.

Dengan terlaksananya Edukasi PER-07/KN/2020, diharapkan dapat memberikan panduan mengenai layanan piutang negara di masa tanggap darurat Covid 19 dan untuk keberlanjutan pengurusan piutang negara yang baik transparan dan akuntabel, selaras dengan upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi Covid 19.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini