Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Laris Manis, Lelang BMD Pemkab Way Kanan
Budi Satrio
Jum'at, 10 Juli 2020   |   416 kali


Rabu, 8 Juli 2020, KPKNL Metro  kedatangan rombongan dari Kantor BPKAD Kabupaten Way Kanan. Rombongan yang dipimpin oleh Ade Cahyadi ini bermaksud untuk menghadiri lelang barang bergerak milik Pemkab Way Kanan yang telah mendapat Penetapan Lelang dari KPKNL Metro. Barang bergerak ini diantaranya adalah kendaraan dinas operasional milik Pemkab Way Kanan, termasuk juga satu unit mobil dinas Bupati Way Kanan Toyota Camry. Pelaksanaan lelang ini merupakan tindak lanjut telah disetujuinya penjualan 24 Lot BMD oleh Bupati Way Kanan, sehingga terhadap 24 Lot BMD tersebut dimohonkan  kepada KPKNL Metro untuk dilelang.

Mengawali pelaksanaan lelang, dengan tetap mengakomodir protap kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19, Maya Sartika, selaku Kepala KPKNL Metro, membuka dengan kata sambutan dan ucapan selamat datang kepada rombongan Pemkab Way Kanan, yang telah menyempatkan diri menyaksikan secara langsung pelaksanaan lelang. Kabupaten Way Kanan merupakan wilayah kerja terjauh KPKNL Metro, yang letaknya di ujung utara Provinsi Lampung. Berbalas sambutan, Ade Cahyadi, Pejabat Penjual sekaligus Kepala BPKAD Kabupaten Way Kanan, mengucapkan terima kasih atas ditetapkannya lelang BMD miliknya.

Tepat pukul 10.00 WIB, dengan cekatan, Pelelang Ahli Muda KPKNL Metro, Nadirsyah, S.H.,M.H. segera memulai pelaksanaan lelang atas 24 lot BMD tersebut. Pelaksanaan lelang ini telah berhasil menjaring 308 (tiga ratus delapan) peminat yang mengajukan penawaran untuk semua lot yang dijual. Dimulai dari lot 1 sampai lot 24 dibuka pelaksanaan lelangnya, yang pada akhirnya mencatat 23 lot laku terjual dan 1 lot dibatalkan  (lot nomor 10). Hasil dari penjualan lelang ini menghasilkan Pokok lelang sebesar Rp. 441.992.393,00, mengalami kenaikan 113% dari nilai limit yang ditetapkan (Rp. 207.405.000,00) dan menghasilkan PNBP (Bea Lelang) sebesar Rp. 8.839.848,00.

Pelaksanaan lelang kali ini menjadi spesial dengan lakunya lot nomor 9, Toyota Hilux, tahun 2008, yang hanya diikuti oleh 1 (satu) orang peserta dan terjual dengan harga Rp. 26.899.999,00 dari nilai limit Rp. 19.393.000,00. Kenaikannya sebesar 38.7% ini cukup fantastis karena peserta tunggal dan tidak ada lawannya. Hasil lelang ini tidak akan pernah tercapai apabila lelang dilaksanakan secara konvensional. Hal ini menjadi keunikan dalam pelaksanaan lelang e-auction dengan penawaran tertutup, dan sekaligus menjadi keunggulan system lelang e-auction.

Untuk mendukung terciptanya tata kelola BMD yang baik, kolaborasi lelang BMD ini akan terus disebarkan kepada pemda di wilayah kerja KPKNL Metro.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini