Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Peringatan Hari Pancasila Secara Daring
Budi Satrio
Kamis, 04 Juni 2020   |   187 kali


Senin, 1 Juni 2020, menandai hari lahirnya
Pancasila, di pagi yang cerah, Sang Saka Merah Putih telah berkibar dengan gagahnya di halaman depan KPKNL Metro. Peringatan hari lahir Pancasila pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penyelenggaraan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2020 diselenggarakan melalui media elektronik, video conference dan jaringan online. Meskipun peringatan hari lahir Pancasila dilakukan secara virtual, tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para pegawai KPKNL Metro untuk tetap mengikutinya hingga usai.  Agenda peringatan hari lahir Pancasila dimulai pukul 07.45  s.d  08.55.

Mengacu pada Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila nomor 04 tahun 2020, untuk terwujudnya tertib penyelenggaran peringatan hari Pancasila ditengah pandemi COVID 19, dilaksanakan dengan mengikuti pidato kenegaraan Presiden RI melalui saluran canal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, TVRI dan RRI atau media online lainnya, dari kantor, ruang kerja, rumah, atau dari tempat tinggal masing-masing. Adapun tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2020 adalah “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesai Maju’.

Melalui pidatonya, Presiden RI menyampaikan bahwa, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat. Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi. Beliau juga mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta memenuhi kewajiban  melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Keikutsertaan para pegawai KPKNL Metro menyimak peringatan hari lahir Pancasila secara virtual, semakin menggugah semangat mengolah cipta, rasa, karya dan karsa yang dimiliki untuk berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia maju, berlandaskan pancasila yang didukung dengan jiwa gotong royong. Sebagaimana yang disampaikan Presiden RI bahwa Pancasila tetap menjadi Bintang Penjuru yang menggerakan kita semua menuju Indonesia Maju.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini