Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
KPKNL Metro Meraih Predikat WBK
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 12 Desember 2019   |   262 kali

Bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Internasional, pada hari selasa, tanggal 10 Desember 2019, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberi penghargaan kepada 506 unit kerja dari 63 instansi pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas (ZI) secara massive sehingga memdapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). KPKNL Metro menjadi salah satu unit kerja penerima penghargaan tersebut. Bertempat di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB menyerahkan secara langsung piagam penghargaan  kepada Kepala KPKNL Metro, Maya Sartika sebagai unit kerja penerima Zona Integritas Menuju WBK Tahun 2019.

WBK/WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi. “Unit kerja pelayanan tersebut, dapat menjadi contoh yang dapat menularkan virus-virus reformasi dan perbaikan tata kelola kepada unit kerja pelayanan lainnya,”

Ada enam tahapan dalam pembangunan Zona Integritas diantaranya. Pertama adalah Pencanangan Zona Integritas pada unit kerja. Langkah kedua, yakni pembangunan terhadap enam area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana, penguatan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Kemudian langkah ketiga, penilaian oleh Tim Internal. Tahapan tersebut dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional. Langkah kelima, penetapan predikat unit kerja pelayanan WBK. Sedangkan langkah terakhir adalah penyerahan penghargaan WBK/WBBM kepada unit kerja pelayanan tersebut.

Integritas dan Sinergi menjadi kata kunci KPKNL Metro untuk mencapai predikat WBK. Berbagai inovasi dan ide kreatif berhasil diciptakan untuk peningkatan pelayanan publik, diantaranya buku tamu digital dengan media gadget atau Kios-K, Tapis (Tabulasi Pengelolaan  Informasi Strategis), Virtual Acount Piutang negara, Percepatan penyelesaian permohonan penetapan status penggunaan BMN atas tanah dan/atau bangunan, dan Cermin (Cara Mendapat Informasi) berupa percepatan waktu layanan permohonan informasi publik. Sebagai unit kerja yang telah secara resmi berpredikat WBK, KPKNL Metro semakin terpacu untuk memberikan pelayanan publik yang prima dan berkualitas. Komitmen untuk memerangi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme  serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi yang berkelanjutan harus selalu tertanam pada setiap individu agar predikat WBK tidak hanya sekedar “gelar”, tetapi terimplementasi dalam setiap sendi kehidupan.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini