Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Tingkatkan Jiwa Integritas Melalui Pembinaan Mental
Desiana Wahyuningsih
Kamis, 31 Oktober 2019   |   412 kali

Metro-Sebagai salah satu kantor vertikal Kementerian Keuangan, KPKNL Metro tentunya turut menjunjung lima Nilai Kementerian Keuangan yang salah satunya adalah Integritas. Integritas sendiri mempunyai arti berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral. Sebagai upaya untuk meningkatkan jiwa integritas para pegawainya, setiap pagi KPKNL Metro selalu melakukan doa bersama yang dilanjutkan dengan kalimat-kalimat inspiratif yang dapat membangun semangat para pegawai sekaligus mendorong agar senantiasa bekerja dengan ikhlas. Selain doa bersama, KPKNL Metro juga melaksanakan Pembinaan Mental (Bintal) yang rutin dilaksanakan setiap bulan dan wajib diikuti oleh seluruh pegawai.

Dalam pelaksanaan Bintal, KPKNL Metro selalu mengundang ustadz untuk memberikan tausiyah, arahan juga pencerahan kepada para pegawai. Seperti pada pelaksanaan Bintal pada hari kamis, 24 Oktober 2019 yang dilaksanakan ba’da Ashar di aula KPKNL Metro, yang juga dihadiri oleh Kepala KPPN Metro dan perwakilan pegawai dari KPPN Metro serta KPP Pratama Metro. KPKNL mengundang Ustadz Ahmad Darmawan yang merupakan pengajar di Pondok Pesantren Tahkimussunnah Punggu Lampung Tengah dan pemateri di Hijrah TV. Adapun tema  yang diangkat yaitu pencegahan korupsi, hal ini sejalan dengan KPKNL Metro yang sedang melaksanakan penilaian ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan agar kita menjadi pribadi yang selalu bersyukur kepada Allah. Salah satu cara menunjukan syukur kita kepada Allah adalah menjadikan pekerjaan dan jabatan kita agar  senantiasa memberikan manfaat di dunia dan membawa kebahagiaan di akhirat. Beliau juga mengingatkan kembali mengenai tujuan hidup kita sebagai umat manusia yakni beribadah kepada Allah SWT.  Sejatinya hidup di dunia hanyalah sementara, semua yang kita miliki tidak lain hanya sebuah titipan yang kelak harus dipertanggung jawabkan di akhirat, jangan sampai kita menjadi lalai atas semua yang dimiliki hingga lupa untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Diakhir tausiyahnya, Ustadz Ahmad Darmawan mengingatkan para jamaah untuk tidak lupa bersedekah. Mengingat sedekah memiliki pahala yang luar biasa, terutama jika orang yang kita beri sedekah melakukan amalan dari sedekah tersebut, maka pahala amalan tersebut juga akan ikut mengalir kepada kita. Jadi, mari kita selalu berupaya untuk bekerja dengan ikhlas, tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya dan jangan lupa untuk terus sedekah. Hal tersebut semata-mata untuk kebahagiaan kita sendiri baik di dunia  maupun di akhirat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini