Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Tingkatkan Jiwa Spiritualitas, KPKNL Metro Adakan Bintal Keagamaan
Basri
Rabu, 24 Juli 2019   |   183 kali

Metro-Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro mengadakan Kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) bagi seluruh pegawai pada Selasa (23/7) bertempat di Aula KPKNL Metro. Kegiatan ini merupakan acara perdana yang rencananya akan rutin dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan Bintal sendiri merupakan sarana untuk membentuk dan memelihara mental serta jiwa spiritual para pegawai sesuai dengan nilai-nilai kementerian keuangan.

Terselenggaranya Kegiatan Bintal ini sejalan dengan arahan Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengenai pelaksanaan pembinaan mental nasional di lingkungan DJKN.

Kegiatan Bintal diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ilham Abdullah Setiana. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Bintal Keagamaan yang juga Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI) yakni Ahmad Fananie. Pada kesempatan ini, Ahmad Fananie berharap kegiatan Bintal dapat memelihara dan meningkatkan kualitas mental seluruh pegawai sehingga terwujud keimanan dan ketaqwaan yang dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas di kantor. Ahmad Fananie juga mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus menjadi wadah dan sarana untuk memperkaya ilmu agama. “Kegiatan Bintal ini dari kita, oleh kita, untuk kita. Insyaallah manfaatnya pun akan kita rasakan bersama” tutup Ahmad Fananie.

Memasuki kegiatan inti, seluruh pegawai berkesempatan untuk mendengarkan tausiyah dengan tema “Amalan di Bulan Dzulhijah” yang disampaikan oleh Ustad Taufiq Hidayat LC MH. “Makanan qalbu adalah ilmu, siapapun yang berhasil mengambil ilmu ialah yang paling beruntung” kata Ustad Taufiq membuka tausiyahnya.  Selanjutnya, Ustad Taufiq Hidayat menyampaikan bahwa terdapat empat bulan islam yang dinyatakan haram (suci) yakni: Dzulkaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Keutamaan Bulan Dzulhijjah sendiri terdapat pada sepuluh hari pertama dimana seluruh amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Satu hari puasa pahalanya setara dengan pahala puasa selama 10 tahun. Ibadah malam pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah setara dengan pahala ibadah selama 83 tahun. “Perbanyaklah lakukan kebaikan pada Bulan Dzulhijah, karena satu kebaikan setara dengan 700 kebaikan” tambah Ustad Taufiq Hidayat. Sesi tausiyah diakhiri dengan tanya jawab. Selanjutnya, kegiatan bintal ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Taufiq Hidayat. (Teks: Apriliyati Eka Subekti. Foto: Riyadus Shalihin).


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini