KPKNL Metro
Berita DJKN

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, KPKNL Metro Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana

Selasa, 30 April 2019   |   78 kali

Metro-Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro berkesempatan menyelenggarakan Sosialisasi Tanggap Bencana pada Jumat (26/4). Kegiatan yang diselenggarakan  di Aula KPKNL Metro ini bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro. Materi sosialisasi disampaikan langsung oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Metro, Alfajar Nasution kepada seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Metro.

Dalam materinya, Alfajar Nasution mengimbau kepada seluruh pegawai KPKNL Metro untuk memahami potensi bencana alam yang mungkin dapat terjadi. Menurut Alfajar, Kota Metro minim potensi bencana alam jika dibandingkan dengan wilayah lain di tataran wilayah Lampung. Namun demikian, seluruh masyarakat Kota Metro tanpa terkecuali para pegawai KPKNL Metro harus tetap melakukan mitigasi risiko terhadap bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.  

            Alfajar menambahkan, Keberadaan Anak Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda harus diwaspadai oleh masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Lampung, termasuk Kota Metro. Peristiwa letusan Anak Gunung Krakatau dan Tsunami yang terjadi pada akhir tahun 2018 merupakan salah satunya. “Datangnya bencana alam memang tidak dapat diprediksi, kita harus punya persiapan sehingga siap kapanpun (bencana) itu datang,” Ujar Alfajar. Kekeringan dan banjir juga merupakan bencana yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Perubahan iklim yang dibarengi dengan kebiasaan buruk manusia menjadi pemicu terjadinya hal tersebut. Untuk itu Alfajar pun turut menegaskan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan sebagai bagian dari mitigasi risiko bencana.

            Pada kesempatan ini, BPBD Kota Metro tak lupa mengenalkan berbagai langkah antisipasi yang dapat dilakukan agar siap menghadapi bencana alam. Salah satunya adalah mempersiapkan “Tas Bencana”. “Tas Bencana” adalah tas yang berisi dokumen-dokumen penting, peralatan dan perbekalan yang dapat langsung dibawa jika keadaan genting bencana terjadi. “Khusus untuk hal ini, kami bahkan sosialisasikan pada para pelajar, agar kesiapsiagaan bencana sudah terbangun sejak dini.” ungkap Alfajar.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id