Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Sinergi KPKNL Metro dan KP2KP Sukadana Kelola BMN Idle
Basri
Rabu, 12 Desember 2018   |   207 kali

Sukadana-Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro melakukan serah terima Barang Milik Negara (BMN) Idle kepada Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sukadana pada Kamis (12/12) di Sukadana, Lampung Timur, Lampung. BMN yang diserahterimakan berupa tanah dan bangunan yang dahulu digunakan sebagai Kantor Kejaksaan Negeri Lampung Timur. Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S Sukadana, Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Dwi Amiati, dan Camat Sukadana Mursid.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Metro Swastiko Purnomo menyampaikan bahwa pemanfaatan BMN eks BMN Idle merupakan implementasi peran strategis DJKN sebagai Asset Manager dalam pengelolaan BMN. Pemanfaatan BMN eks BMN Idle pun perlu mendapat perhatian sebab telah diatur dengan jelas dalam  Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 86/KM.6/KN.5/2017 Tentang Penetapan Status Penggunaan BMN Eks BMN Idle pada Kementerian Keuangan.

Lebih lanjut Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Ekka S Sukadana menambahkan, DJKN sebagai pengelola barang berkomitmen untuk melakukan pemanfaatan terhadap BMN Idle yang mangkrak. Dengan kata lain, DJKN terus berupaya untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas BMN agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Pemanfaatan BMN Idle ini menjadi sangat penting mengingat setiap aset menyimpan berbagai potensi yang tidak boleh dilewatkan. Tak terkecuali potensi atas penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Di sisi lain, pemanfaatan terhadap BMN Idle dapat mengurangi kerugian dari sisi biaya pemeliharaan dan meringankan beban belanja negara.

Pada kesempatan ini, Camat Sukadana Mursidi juga menyampaikan harapannya agar BMN Idle yang telah diserahkan dapat segera direnovasi dan digunakan oleh KP2KP Sukadana. Ia juga menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap program pengelolan dan pemanfaatan BMN yang telah dilakukan sebelumnya. Terakhir, Mursidi berharap agar pemanfaatan BMN yang optimal dapat ikut menggerakkan roda perekonomian di Sukadana.

Komitmen mengelola BMN Idle sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan aset-aset negara yang produktif. Namun demikian, sinergi berbagai pihak juga diperlukan untuk dapat menciptakan kesepahaman yang sama akan urgensi hal tersebut. DJKN (tak terkecuali KPKNL Metro) pun harus terus berusaha untuk menggali potensi atas aset-aset idle dan memanfaatkannya kembali untuk kepentingan masyarakat. Singkatnya, aset harus bekerja dan dapat menyejahterakan rakyat. (Teks: Lia Subekti/ Foto Ilham Abdullah Setiana)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini