Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Perkuat Integritas, Dirjen Kekayaan Negara Sambangi Bumi Sai Wawai
Basri
Selasa, 24 Juli 2018   |   204 kali


Metro-Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata menyambangi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro pada Jumat (20/7). Kunjungan Isa Racmatarwata ke kota Metro sang Bumi Sai Wawai sekaligus menutup serangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DJKN Tahun 2018 yang telah diselenggarakan sejak tanggal 18 s/d 20 Juli 2018 di Bandar Lampung. Dalam kesempatan  ini, turut hadir mendampingi Sekretaris DJKN Dodi Iskandar, Direktur BMN Encep Sudarwan, Direktur KND Dedy Syarif Usman, dan Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Ekka S Sukadana.

Kedatangan rombongan Dirjen Kekayaan Negara ini langsung disambut hangat oleh Kepala KPKNL Metro Swastiko Purnomo. Isa Rachmatarwata lantas mengunjungi ruangan kerja dan beramah tamah dengan para pegawai. Dalam kunjungan ini, Isa tak ragu berbincang banyak hal dengan para pegawai untuk lebih mengakrabkan diri. Antusiasme Isa untuk mengenal para pegawai juga nampak dari candaan dan tawa yang sesekali terurai. Setelah puas berkeliling kantor, Isa melanjutkan kegiatan dengan menyampaikan arahan kepada seluruh pegawai.

Dalam arahannya, Isa Rachmatarwata lebih menitikberatkan pada penguatan budaya integritas di kantor pelayanan, khususnya KPKNL Metro. Hal ini bukan tanpa alasan, Ia menganggap cukup banyak ancaman dan gangguan yang mengancam reputasi Kementerian Keuangan di era yang kian berkembang. Seringkali harga diri rusak karena kepentingan organisasi bercampur dengan keinginan pribadi. Karenanya, Isa mengimbau pada setiap pegawai  untuk selalu menjunjung tinggi integritas dimanapun berada. “Buat batasan yang jelas, hindari conflict of interest, tunjukkan akuntabilitas !” tutur pria kelahiran Jombang tersebut.

Sehubungan dengan hal ini, Isa berkeinginan agar Seksi Kepatuhan Internal (KI) dapat menjadi unit pengendali dan pemantau yang lebih mumpuni. Seksi KI harus memiliki kemampuan evaluasi dan paham betul akan proses bisnis dan berbagai variasi masalah yang mungkin terjadi di kantor. Untuk mengetahui risiko dari sebuah kantor, Isa pun mengatakan bahwa seksi KI harus mampu mengidentifikasi budaya dan kebiasaan setiap pegawai. Hal ini sebagai bentuk pemantauan sekaligus antisipasi agar setiap pegawai tidak hanyut pada situasi dan perilaku yang condong merusak integritas

Di sisi lain, Isa juga berbicara masalah eksistensi kantor pelayanan di mata publik. Ia mendukung penuh publikasi pada setiap kantor vertical DJKN. Isa berharap tim humas dapat aktif menyampaikan informasi ataupun mengenalkan tusi DJKN kepada publik melalui berbagai media kekinian yang ada.

Dalam moment ini, Direktur BMN Encep Sudarwan ikut  mengapresiasi kualitas  dan kuantitas hasil revaluasi KPKNL Metro yang telah menyentuh angka 95% dan 111,89%. Dengan prestasi ini, Sekretaris DJKN Dodi Iskandar mengimbau agar KPKNL Metro tetap melakukan evaluasi dan perubahan ke arah yang lebih baik. KPKNL Metro harus bersiap untuk menjadi bagian dari Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi - Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK-WBBM). Terakhir Isa Rachmatarwata kembali berpesan kepada seluruh pegawai KPKNL Metro agar terus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada publik. “Ikuti prosedur yang sesuai, terus berkreasi dan inovasi untuk KPKNL Metro yang semakin baik” tutup Isa. (Teks: Apriliyati Eka Subekti/ Foto: Ilham Abdullah Setiana)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini