Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Taman Nasional Way Kambas Dukung Penuh Revaluasi BMN 2018
Basri
Selasa, 27 Maret 2018   |   190 kali

Metro - Upaya untuk menuntaskan target Revaluasi Barang Milik Negara  (BMN) 2018 terus dilakukan oleh Kantor Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Metro. Selain menerapkan berbagai taktik dan strategi jitu, KPKNL Metro juga melakukan koordinasi dengan satuan kerja (satker) yang menjadi sasaran Revaluasi BMN 2018. Seperti yang dilakukan pada Senin (26/3), Kepala KPKNL Metro, Swastiko Purnomo didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Akir Priyono melakukan kunjungan kerja ke Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Rombongan KPKNL Metro disambut dengan hangat oleh Kepala Balai TNWK, Subakir yang menyampaikan apresiasi atas langkah KPKNL Metro untuk menertibkan seluruh aset negara yang berada di Balai TNWK. “Saya berterimakasih kepada KPKNL Metro yang terus berupaya menertibkan aset negara” ungkap Subakir. Ia juga menyatakan dukungan secara penuh kepada KPKNL Metro untuk dapat menuntaskan target Revaluasi BMN tahun 2018.

Dukungan penuh pihak Balai TNWK pada program Revaluasi BMN 2018 diwujudkan dalam bentuk kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang diterjunkan di lapangan. Selain melakukan pendampingan pada Tim Revaluasi KPKNL Metro, Pihak Balai TNWK juga menyiapkan mobil dobel gardan untuk menjangkau seluruh bangunan, jalan, jembatan dan bangunan air yang berada di area TNWK. Pihak Balai TNWK juga menyiapkan form pendataan obyek revaluasi dengan cukup baik sehingga memudahkan tim pada saat melaksanakan survei lapangan.

Balai Taman Nasional Way Kambas sendiri merupakan Pusat Latihan Gajah (PLG) yang telah berdiri sejak tahun 1985. Seiring dengan berjalannya waktu, salah satu Balai Konservasi tertua di Indonesia ini berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG).

Sebagai salah satu satker di wilayah kerja KPKNL Metro, Balai Taman Nasional Way Kambas masuk dalam target Revaluasi BMN 2018 dengan objek revaluasi sejumlah 196 NUP. Obyek revaluasi tersebut terdiri dari: 4 NUP Tanah; 127 NUP bangunan; dan 65 jalan, jembatan, dan bangunan air. Survei lapangan untuk seluruh obyek revaluasi di Balai Taman Nasional Way Kambas telah selesai dilaksanakan. Selanjutnya, tinggal menunggu hasil penilaian dari Tim Revaluasi KPKNL Metro.

Sebagai informasi, Balai TNWK juga melakukan pemanfaatan BMN berupa sewa yang ikut menyumbang PNBP sebesar Rp51.930.000. Dalam hal Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN pada Balai TNWK, terdapat 287 NUP (berupa tanah, bangunan, dan kendaraan) di Balai TNWK yang harus ditetapkan status penggunaannya. Dari total keseluruhan KPKNL Metro telah menerbitkan 87% persetujuan PSP yakni sejumlah 250 NUP, terdiri dari: 4 Tanah; 73 Bangunan; 67 Kendaraan; dan 6 Jalan, Jembatan, dan Bangunan Air. (Teks/Foto: Humas KPKNL Metro)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini