Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Artikel
DALAN LIANE INOVASI LAYANAN PENILAIAN KPKNL METRO
Desiana Wahyuningsih
Minggu, 26 September 2021   |   294 kali

Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan langkah para pegawai KPKNL Metro untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengguna jasa. Adanya Pandemi covid-19 memberikan motivasi lebih untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan yang responsif, efisien, dan efektif, sehingga pelayanan tetap maksimal didalam keterbatasan. Salah satu alternatif dalam permasalahan tersebut diperlukan adanya sarana layanan yang berbasis non tatap muka. DALAN LIANE menjadi salah satu upaya inovasi dari Seksi Penilaian KPKNL Metro yang memberikan manfaat baik  pihak ekternal (Pengguna Jasa) maupun pihak internal KPKNL Metro.

DALAN LIANE adalah akronim dari Dashboard Layanan Penilaian Elektronik yang didalamnya memuat Informasi berupa data rekapitulasi permohonan penilaian yang telah selesai ditindaklanjuti dan permohonan penilaian yang masih dalam proses serta  data statistik pelayanan penilaian berdasarkan jenis objek dan tujuan penilaian. Melalui dashboard tersebut, pihak seksi penilaian selaku pihak internal dapat melakukan monitoring atas pelaksanaan layanan penilaian sehingga proses bisnis penilaian dapat dilaksanakan sesuai standar Operasional yang berlaku atau bahkan lebih cepat.

DALAN LIANE merupakan Apikasi berbasis Website dalam bentuk Dashboard yang menyajikan informasi/data pelayanan penilaian sebagai sarana untuk melakukan monitoring terkait Proses Bisnis Penilaian pada KPKNL Metro. Data dan Informasi yang dimaksud adalah berupa Informasi Pelayanan Penilaian Tahun Berjalan berdasarkan Satuan Kerja / Pemohon, Pelaksanaan Penilaian yang sedang berjalan (On Progres), Data Permohonan Penilaian Berdasarkan Jenis Objek Penilaian dan Data Permohonan Penilaian Berdasarkan Tujuan Penilaian.

Sebelum dilaksanakannya inovasi  DALAN LIANE Pemohon Penilaian/ Stakeholder tidak mengetahui sampai dimana proses pengajuan / permohonan layanan penilaian dan Pemohon Penilaian/ Stakeholder harus hadir ke KPKNL Metro untuk berkonsultasi terkait progress pelaksanaan penilaian. Melalui DALAN LIANE Pemohon Penilaian/ Stakeholder dapat memonitor sampai dimana proses permohonan penilaian yang mereka ajukan, mengetahui secara pasti dokumen persyaratan dalam pengajuan / permohonan penilaian dan mengunduh contoh dokumen terkait penilaian seperti SPTJM, Surat Keterangan Scrap.

Penyajian data informasi pada DALAN LIANE dilakukan oleh  Petugas pada Seksi Penilaian yang bertindak sebagai operator sekaligus manager data. Adapun proses bisnis yang dijalankan adalah sebagai berikut :

1.  Seksi Pelayanan Penilaian melakukan input & upload data pada Google Sheets yang berupa data serta pemohon pelayanan penilaian serta informasi permohonan penilaian yang diminta oleh pemohon sesuai dengan aturan yang berlaku. Layanan Penilaian yang di input & upload pada Aplikasi “DALAN LIANE” adalah berupa Pelayanan Penilaian Barang Milik Negara (BMN) dalam rangka pemindahtanganan, pemanfaatan, Permohonan Penilaian dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), Permohonan Penilaian Barang Rampasan oleh Kejaksaan Agung RI c.q. Kejaksaan Negeri serta Permohonan Penilaian Barang Milik Daerah (BMD) yang diajukan oleh Pemerintah Daerah wilayah kerja KPKNL Metro . Selain itu, Terkait monitoring, seksi Pelayanan Penilaian selalu mengupdate progress pengajuan permohonan penilaian pada spreadsheet Google Sheets.

2. Stakeholder dapat membuka link bit.ly/DashboardPenilaian untuk mengakses informasi tersebut, baik secara keseluruhan ataupun spesifik berdasarkan data nama pemohon layanan penilaian. Selain itu, Stakeholder dapat memonitor sampai dimana progress permohonan penilaian BMN dan BMD yang diajukan. Selain itu dapat menyampaikan pertanyaan / konsultasi pada pegawai di Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Metro.

3. Seksi Pelayanan Penilaian menginput dan memantau secara rutin setiap saat, apabila ada pembaharuan, maka data terkait progress permohonan penilaian akan diperbaharui di database “DALAN LIANE”. Begitu pula dengan konsultasi tindak lanjut progres penilaian akan segera ditindaklanjuti dengan jawaban-jawaban yang solutif.

Inovasi DALAN LIANE ini memberikan manfaat kepada pihak internal (Seksi Penilaian) selaku pihak pemberi layanan dan stakeholder (Satuan Kerja) selaku pihak external  sebagai pemohon layanan. Bagi pihak Internal / Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Metro manfaat yang dapat diperoleh adalah mempermudah untuk melakukan monitoring progres layanan penilaian dalam kaitan dengan SOP sehingga proses bisnis layanan penilaian dapat dilaksananan sesuai atau lebih cepat dari SOP yang berlaku dan petugas atau pegawai pada seksi pelayanan penilaian dalam melakukan rekapitulasi data permohonan penilaian yang masuk. Sedangkan bagi pihak Eksternal / Stakeholder Layanan Penilaian manfaat yang dapat diperoleh adalah mudah memperoleh informasi yang valid terkait progress pelaksanaan penilaian yang sedang dilaksanakan dan dengan informasi pada dashboard tersebut pihak pemohon dapat mengambil keputusan dan tindak lanjut yang harus dilakukan / dikoordinasikan dengan pihak KPKNL Metro.

Inovasi ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan lebih maksimal ke depan untuk kemudahan para satuan kerja lingkup KPKNL Metro dalam mendapatkan informasi terkait pelayanan penilaian. KPKNL Metro akan terus melakukan pembaruan dan perbaikan inovasi dengan menu yang lebih detail dan lengkap. DALAN LIANE, selain sebagai sarana transformasi dan komunikasi dalam layanan penilaian juga menjadi wujud upaya  KPKNL Metro untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada para Pengguna Jasa.  


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini