Sebagai
bentuk apresiasi terhadap pemenang lomba Kedai Lelang UMKM, Direktorat Lelang dan Sekretrariat DJKN memberikan
kesempatan kepada ketiga tim pemenang untuk mengikuti training. Dari beberapa opsi yang ditawarkan yang
dipilih oleh para pemenang training dengan tema Customer Experience
Management.
Pada tanggal 18-19 Mei 2022, bertempat di Ruang Ratu Boko, Hotel ѐL Royale Yogyakarta, dilaksanakan In House Training (IHT) Customer
Experience Management dengan pembicara Ibu Dra. MC Maryarti, M,M., CHRA., CPHCM.,
CLS., CBC, dari Kanaka Training Consulting & Outbound- Yogyakarta. Para
peserta yang terdiri dari anggota tim kedai lelang UMKM : KPKNL Tasikmalaya,
KPKNL Medan, dan KPKNL Malang.
Customer Experience (CX) atau pengalaman pelanggan yang bersifat
positif sangat penting bagi keberlangsungan bisinis. Untuk itu kesuksesan
layanan yang diberikan oleh perusahaan ditentukan pula oleh CX+. Pengalaman positif
akan membangun loyalitas pelanggan. Hal inilah yang mendorong perlunya
Manajemen agar kepentingan perusahaan dan loyalitas pelanggan dapat terjaga.
Banyak topik yang disampaikan mengenai bagaimana menjaga agar pelanggan dapat loyal
kepada perusahaan, bagaimana cara memperlakukan pelanggan, membangun CX, Strategi
CXM (memvisualisasi experience,
mendesain peta experience, membangun experience plan, implemantasi
strategi, mengukur customer delight, rencanan desain komunikasi publik).
Di hari terakhir diberikan materi terkait pengenalan tipe pelanggan dan cara
menghadapi pelanggan. Mulai mengenali karakter dari pelanggan: sanguinis populer-pembicara,
melankolis sempurna-pemikir,koleris kuat-pelaku dan phlegmatis damai-pengamat.
Ilmu yang diperoleh pada saat training sangat bermanfaat bagi kantor
pelayanan, di mana bisa diterapkan dalam melayani pelanggan dalam hal ini
stakeholder baik dari satuan kerja
kementerian pelanggan maupun masyarakat yang menggunakan layanan.
Sesi terakhir penyelenggara training memberikan apresiasi kepada para peserta dalam beberapa kategori , diantaranya yang dinilai aktif dalam kegiatan, peserta yang paling rajin, dan kelompok terbaik dalam IHT Customer Experience Management, yang pada kali ini diperoleh tim KPKNL Medan. Acara ditutup dengan foto bersama para peserta dengan panitia penyelenggara IHT dari Training Consulting & Outbound- Yogyakarta. (hi-2022)