Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
Gebyar Lelang Produk UMKM 2022, Pulih dan Bangkit bersama Lelang Indonesia
Edgar Joseph Ronny Pangaribuan
Kamis, 24 Maret 2022   |   233 kali

Kepala Kanwil DJKN Sumut, Tedy Syandriadi membuka acara Gebyar Lelang Produk UMKM 2022 di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara, pada Kamis, 24 Maret 2022. Acara ini dilaksanakan sebagai wujud dukungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara(DJKN), terhadap Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tahun ini bersamaan dengan momen kegiatan 114  Tahun Lelang Indonesia, yang mana pelaksanaan lelang UMKM secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melalui situs resmi lelang Indonesia yaitu https://lelang.go.id. Mengusung moto:  Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia.

“ Salah satu upaya dan bentuk kontribusi DJKN dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yaitu dengan memberdayakan UMKM, dengan memberikan sumbangsih kepada seluruh UMKM yang ada di wilayah Sumatera Utara terutama yang berada dibawah binaan  Dirjen Bea dan Cukai, perbankan, Dekranasda Provinsi maupun Kota. Tentu hal  ini merupakan bentuk nyata dari partisipasi kami yang diwakili Kantor Pelayanan dilingkup Kanwil DJKN Sumatera Utara: KPKNL Medan, KPKNL Siantar, KPKNL Kisaran, dan KPKNL Padangsidimpuan.” ujar Tedy dalam sambutannya.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Sumatera Utara, Deny Sudrajat menyampaikan kegiatan lelang produk UMKM ini yang diselenggarakan KPKNL Medan ini dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dan diharapkan dapat berkelanjutan untuk dapat membantu para pelaku UMK khususnya di wilayah Sumatera Utara dalam memasarkan produknya.

Kegiatan lelang produk UMKM ini sebagai kegiatan kolaborasi antar unit eselon1, antara lain DJBC selaku pembina UMKM, KPTIK dan BDK yang menyediakan sarana dan prasarana serta DJKN selaku penyelenggara lelang. Hal ini menunjukkan Kemenkeu One yang melambangkan spirit / semangat dari Kementerian Keuangan untuk berkolaborasi antar masing-masing unit eselon. Tidak lupa juga pada acara ini mengundang para kepala kantor di lingkungan Gedung Keuangan Negara seperti : Kanwil DJBC Sumut, Kanwil DJP Sumut I, Kanwil KPTIK Medan, Kanwil DJPB Sumut, KPP Pratama Lubuk Pakam, KPPN I, KPPN II dan KPTIK Medan. Dari perbankan : Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)- Kanwil BNI, Kanwil BRI, Kanwil  Bank Mandiri, juga  Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Bank Syariah Indonesia, Bank Sumut dan PNM turut menjadi undangan dalam acara ini.

Pelaku UMKM yang berpartisipasi kali ini: Jasmine Handycraft (Etty Syafrina Lubis), CV Raja Patin Indonesia (Fitriadi, S.PI), KYTa (Dame Maria Manurung), Ashfara Kreasi (Nirmadarningsih Hiya), CV Kopi Muda Indonesia (Darwis Halomoan), Dekranasda Provinsi Sumatera Utara, Aloya Coffee (Lian Erikson Purba), dengan menawarkan berbagai macam produk seperti kopi, jahe merah, handycraft, tauco, kulit ikan patin, dengan jumlah lot penawaran sebanyak 107 lot.  Beberapa produk ditawarkan tanpa melalui uang jaminan lelang, sebagai upaya untuk menambah minat pembeli dalam menawar produk lelang.

Pemberian plakat dan foto bersama sebagai ucapan terima kasih dari  DJKN kepada perwakilan DJBC disampaikan Kepala Kanwil DJKN kepada perwakilan DJBC selaku pembina UMKM yang berpartisipasi pada kegiatan kali ini.  Pada penutupan acara kepada para pelaku UMKM  diberikan piagam penghargaan dan foto bersama. Kegiatan lelang produk UMKM hari ini berhasil menjual sebanyak 48 lot. (HI-2022)

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini