Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
DJKN Goes to Campus USU, #UangKita dan Kekayaan Negara, Bangkitkan Ekonomi Rakyat!
Elizabeth Kurniasih Christina
Selasa, 29 Juni 2021   |   209 kali

Sumatera Utara - Kanwil DJKN Sumatera Utara dan KPKNL Medan menggandeng Balai Diklat Keuangan Medan dalam penyelenggaraaan DJKN Goes To Campus yang mengusung tema "#UangKita dan Kekayaan Negara, Bangkitkan Ekonomi Rakyat"  pada Selasa, 29 Juni 2021. Pada tahun ini, DJKN Goes to Campus berkunjung secara virtual ke Universitas Sumatera Utara khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan Goes to Campus berupa aktivitas edukasi APBN 2021 berkaitan dengan Kekayaan Negara dan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui media zoom dank anal youtube dengan konsep Kuliah Umum secara virtual yang diselingi kegiatan menarik lain di dalamnya dan diikuti secara aktif oleh kurang lebih 300 orang peserta.

Acara diawali oleh pemutaran video profil kantor, video Kedai Lelang UMKM KPKNL Medan dan kemudian Opening Speech  oleh Dekan FEB USU,Dr. Fadli SE., M.Si. Dalam pembukaannya, Fadli menekankan pentingnya peran masyarakat khususnya mahasiswa agar terus mendukung Pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional.  “Berbicara seputar APBN atau Pengelolaan Kekayaan Negara, program BIDIKMISI merupakan penyaluran dari APBN dan juga penyaluran pendanaan maupun bantuan operasional perguruan tinggi kita, yang secara bertahap tiap tahun terus bertambah, terus diberikan support oleh negara untuk pertumbuhan universitas yang kita cintai ini.  Pengelolaan APBN pada aset dan investasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, seperti lelang untuk kebijakan UMKM. Jadi adik-adik dan peserta manfaatkan kesempatan ini untuk mengupgrade pengetahuan kita. Program pemerintah tanpa dukungan rakyat juga sulit dalam pemulihan ekonomi nasional.” Ucap Fadli.

Selanjutnya, dalam sambutan Rektor USU, DR. Muryanto Amin, S. Sos, M. Si kembali menekankan dan menghimbau kepada para mahasiswa “Kita perlu melihat secara lebih nyata potensi-potensi yang ada pada kekayaan negara di Indonesia, yang mana bisa membangkitkan ekonomi rakyat. Karena uang rakyat itu sebenarnya sumber yang seharusnya memang kembali ke rakyat. Dalam situasi pandemi ini pemerintah memang harus mengambil inovasi yang cukup cerdas agar protokol dipenuhi namun aktivitas ekonomi tetap berjalan.”

Setelah mendengarkan Mars DJKN, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara memberikan keynote speech sekaligus memberikan pencerahan kepada seluruh peserta yang hadir tentang tugas dan fungsi DJKN. “Di Kemenkeu ada 11 unit Eselon 1 yang membantu Ibu Menteri Keuangan dalam menyelesaikan tugas tugasnya. DJKN sebagai salah satu unit pada Kemenkeu mempunyai tugas dan fungsi merumuskan dan melaksanakan standar teknis dibidang Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan Lelang sesuai kebijakan yang telah ditetapkan. Di tengah kondisi pandemi saat ini, pemulihan dan perbaikan ekonomi harus terus bersama kita kerjakan. Mari dukung Pemerintah dengan tetap menjaga optimisme, mengawal implementasi APBN dan memperkuat sinergi kebijakan ekonomi dalam mendukung percepatan program Pemulihan Eknomomi Nasional (PEN).”

Untuk memeriahkan suasana sebelum pemaparan materi, dipandu oleh MC diadakan game pengenalan yang diikuti secara antusias. Diselingi oleh video mengenai Asuransi BMN, MC kemudian menyerahkan acara kepada Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Medan Gunarto Yudho selaku Moderator, sebagai tanda bahwa acara inti telah dibuka. Materi pertama tentang pengenalan APBN dan Pengelolaan Kekayaan Negara dibawakan oleh Maulina Fahmilita, Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Maulina mengawali paparan dengan mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih dekat APBN serta  Pengelolaan Kekayaan Negara. “Bagaimana Barang Milik Negara berperan serta dalam membangkitkan ekonomi? Dengan mengoptimalkan Pengelolaan BMN untuk meningkatkan fungsi BMN. Karena itu, yuk Jaga Aset Negara”. pungkasnya.

Materi kedua disampaikan oleh Kesatria Purba, Kepala KPKNL Medan agar para mahasiswa mengenal lebih lanjut mengenai APBN dan Investasi. “Salah satu wewenang Menteri Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara menurut UU no.1/2004  adalah menempatkan uang negara dan mengelola/menatausahakan investasi. Investasi Pemerintah dimaksudkan untuk memperoleh manfaat ekonomi, sosial atau manfaat lainnya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat. Karena itu adik-adik, mengutip Ibu Sri Mulyani, Jangan pernah lelah mencintai negeri ini.”.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, beragam pertanyaan yang masuk baik secara live ataupun melalui tulisan menandakan materi yang dikemas menarik, tema yang sejalan dengan kondisi saat ini serta pembawaan oleh narasumber yang komunikatif. Pada akhir sesi, diumumkan para peserta yang beruntung mendapatkan souvenir menarik dari panitia. Diharapkan kegiatan DJKN Goes to Campus ini dapat memfasilitasi generasi muda untuk mengembangkan diri, memahami potensi ekonomi Indonesia, serta berkontribusi dalam memajukan Negeri.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini