Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Medan > Berita
Punggawa Aset, Perekat Bangsa
Elizabeth Kurniasih Christina
Senin, 27 Juli 2020   |   221 kali

        Medan Dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial kultural bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan memandang perlunya untuk melakukan kegiatan internalisasi nilai-nilai Pancasila agar ASN Kementerian Keuangan pada umumnya mampu menjadi agen perekat bangsa. Selain itu, dibutuhkan ketangkasan atau kegesitan ASN Kementerian Keuangan dalam mengelola perubahan pada masa Pandemi COVID-19 ini dalam kaitannya dengan peningkatan layanan publik terutama dalam konteks adaptasi kebiasaan baru. Maka dari itu, KPKNL Medan mengadakan webinar pada Senin (27/7). Webinar yang mengambil tema  Internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi ASN Kementerian Keuangan menghadirkan narasumber Bjardianto Pujiono, Widyaiswara Ahli Utama pada Pusdiklat Pengembangan SDM Kementerian Keuangan dan Maulina Fahmilita yang merupakan Kepala Bidang Pengelolaan kekayaan Negara pada Kanwil DJKN Sumatera Utara.

        Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi  yang hadir sebagai Keynote Speaker menyampaikan bahwa sebagai ASN Kementerian Keuangan pada umumnya, ASN DJKN khususnya agar dapat memahami nilai luhur bangsa yang tercermin dari sikap dan perilaku, menjadi pelayan masyarakat terbaik dan berperan nyata dalam mewujudkan tujuan bernegara.

 

    Sesi pertama diisi oleh Bjardianto Pujiono yang menyampaikan bahwa setiap ASN Kementerian Keuangan agar mengunduh Nilai-nilai Pancasila dalam pribadinya di masa Pandemi dalam rangka memperkuat fungsi ASN sebagai perekat bangsa. Bahwa dalam setiap harinya, ASN tersebut harus senantiasa membentuk kepribadian yang seimbang antara intelektual dan kerohanian dalam memahami hakekat hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, menumbuhkan wawasan berfikir dengan menjunjung nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan di tempat tugas, keluarga dan masyarakat dan mampu memanfaatkan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai pedoman bersikap dalam membuat keputusan dan kebijakan dalam bertugas.

 

    Pada sesi kedua, ASN DJKN sebagai Punggawa Aset sebagai Perekat Bangsa menurut Maulina Fahmilita,  hendaknya selalu mengembangkan sikap Self Awareness yaitu diantaranya memberanikan diri keluar dari zona nyaman, menciptakan keharmonisan kebersamaan dalam bekerja, selalu ingin tahu, sering bertukar pendapat dengan rekan kerja, selalu memberikan respon dan dukungan positif dan selalu mengembangkan Karakter Kebangsaan dalam dirinya. Nilai – Nilai Kemenkeu sebagai ”way of life”, pedoman utama dalam bekerja dalam rangka mendukung penguatan kompetensi sosial kultural, yang sejalan dengan Kode Etik dan Kode Perilaku serta Bela Negara.


    Berlangsung dalam waktu 3(tiga) jam, Meeting room selalu penuh dengan partisipan sampai dengan akhir acara yang dimoderatori oleh Daniel HP Panggabean, Kepala Seksi Piutang Negara. Menandakan seluruh partisipan menyambut dengan penuh semangat dan siap menerapkan tema yang diusung kali ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pergi belanja ke Helvetia

Jangan lupa membeli pita

Jika kita Indonesia

Pastilah Pancasila kebanggaan kita

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini