Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Kilas Peristiwa
SIAP ANTISIPASI BENCANA, KPKNL MATARAM ADAKAN SIMULASI SIAGA HADAPI BENCANA
M. Thamrin
Jum'at, 10 Mei 2019   |   309 kali

Mataram (26/04) - Bencana alam memang tidak bisa diprediksi, seperti halnya gempa bumi yang terjadi di Lombok pada Agustus tahun lalu. Mengantisipasi terulangnya kejadian serupa dan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tanggal 26 April serta sesuai dengan Undang-undang Negara Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dimana setiap institusi pemerintahan dapat melaksanakan upaya pencegahan di dalam penanggulangan bencana, KPKNL Mataram menggelar sosialisasi kesiapsiagaan bencana kepada seluruh pegawai dan PPNPN dengan menggandeng BASARNAS Kota Mataram sebagai narasumber pada hari Kamis sore (25/04).

 

Keesokan harinya, pada hari Jum’at pagi (26/04), dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan simulasi gempa bumi oleh seluruh pegawai dan ppnpn dengan skenario terjadi bencana gempa yang menyebabkan satu orang pegawai menjadi korban, dan bagaimana keluar dari gedung kantor menuju titik evakuasi. Dihadapan para peserta simulasi, anggota BASARNAS menjelaskan cara mengevakuasi dan memberikan pertolongan pertama kepada korban. Kegiatan HKB ini bukan hanya sekedar simulasi namun aksi untuk lebih siaga bencana

 

Sebelum simulasi dimulai, Kepala KPKNL memberikan arahan agar seluruh pegawai dapat mengikuti simulasi dengan baik, mengingat negara Indonesia rawan terjadi bencana alam, salah satunya adalah gempa bumi. Walaupun tentu kita tidak mengharapkan bencana itu ada, tapi bencana itu dapat datang sewaktu-waktu, tidak dapat dihindari. Maka kesiapsiagaan seluruh pegawai perlu untuk dilatih. Melalui simulasi yang dilakukan serentak di lingkungan Kementeriaan Keuangan di seluruh  Indonesia , diharapkan seluruh pegawai menjadi lebih waspada dalam menghadapi bencana.

 

Anggota BASARNAS menjelaskan dan memperagakan bagaimana cara terbaik untuk menyelamatkan diri jika terjadi bencana gempa bumi. Salah satu diantaranya adalah bersikap tenang, menghindari bahan bangunan dari kaca, mendekat ke pilar, berlindung dibawah kursi/meja  dan menghindari benda atau bangunan yang berpotensi roboh. Namun, sebaiknya para pegawai bergegas keluar melalui jalur evakuasi dengan melindungi kepala.

Selanjutnya, anggota BASARNAS juga mengadakan simulasi penanganan bencana kebakaran. Pegawai dan ppnpn KPKNL Mataram dibagi menjadi beberapa tim yang kemudian masing-masing tim mencoba untuk menggunakan alat pemadam kebakaran.

Dengan simulasi kesiapsiagaan bencana ini, seluruh pegawai dan ppnpn KPKNL Mataram belajar bagaimana bersikap saat bencana melanda, sebab bencana memang tidak dapat dihindari, namun dapat diantisipasi. (humas KPKNL Mataram) 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini