Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Kilas Peristiwa
Menkeu Sri Mulyani Sempatkan ke KPKNL Mataram dalam Rangkaian Kegiatan Cek Kondisi Pasca Gempa Lombok
Siska Jayanti
Kamis, 23 Agustus 2018   |   174 kali

Mataram - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama beberapa pejabat Eselon I di Kementerian Keuangan antara lain Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Direktur Jenderal Pajak, Direktur Jenderal Anggaran, Direktur Jenderal Perbendaharaan, dan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Kamis (23/8/2018). Pada kunjungannya kali ini, Sri Mulyani meninjau langsung kondisi Lombok, NTB, pasca bencana secara keseluruhan, serta melihat kantor vertikal Kementerian Keuangan, salah satunya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL Mataram).

Sebelumnya, pada pagi hari, KPKNL Mataram terlebih dahulu dikunjungi Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata. Isa secara khusus menjadwalkan pertemuan dengan para pegawai dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) KPKNL Mataram guna memantau kondisi kantor secara umum, serta ingin mendengar secara langsung cerita dan pengalaman pegawai menghadapi bencana gempa bumi di Lombok beberapa waktu lalu.

Dirjen Kekayaan Negara berdialog dengan beberapa orang pegawai yang terdampak gempa secara langsung. Berkali-kali Isa menyuntikkan semangat pada seluruh pegawai KPKNL Mataram dan terlihat mencurahkan seluruh perhatiannya mendengarkan satu-persatu cerita mereka.

Isa juga menyempatkan diri mengunjungi rumah-rumah pegawai KPKNL yang mengalami kerusakan, hingga rumah-rumah yang roboh total sembari menjenguk keluarga-keluarga pegawai dan PPNPN KPKNL Mataram yang masih berada di tenda-tenda pengungsian.

Pada sore harinya, Isa dan Kepala KPKNL Mataram, Hendra Zulkarnain, mendampingi Menkeu yang datang untuk memeriksa kondisi gedung KPKNL Mataram serta melihat suasana kerja dan berdialog dengan pegawai KPKNL Mataram tentang kondisi keluarga mereka.

Sementara itu, Menkeu saat di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Nusa Tenggara Barat, menyampaikan rasa keprihatinannya atas terjadinya bencana berturut-turut yang menimpa NTB. Menkeu mengatakan pihaknya akan terus mendukung agar seluruh masyarakat dan jajaran Kementerian Keuangan yang terdampak gempa untuk bisa bangkit kembali, membangun kembali, dan membuat kehidupan di Nusa Tenggara Barat untuk kembali normal.

“Pemerintah telah secara cepat memberikan dukungan dana dari Kementerian Keuangan kepada BNPB, anggaran lebih dari setengah trilyun yang sudah dicairkan, dan kita sedang dalam proses untuk menambahkan 1,2 trilyun dari 3,3 trilyun. Kementerian/Lembaga lainnya juga telah diimbau untuk menyampaikan bantuan secara langsung dengan merealokasikan anggarannya,” jelas Sri Mulyani.

Dalam rangkaian kegiatan kali ini, Menkeu juga menyalurkan bantuan untuk para korban bencana di Desa Jeringo, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, yang merupakan salah satu wilayah yang terdampak bencana dengan tingkat kerusakan yang parah. Khusus untuk pegawai di jajaran Kementerian Keuangan yang juga terdampak bencana, Kemenkeu akan memberikan bantuan berupa uang tunai. Sri Mulyani menambahkan untuk saat ini yang paling penting adalah mengembalikan dulu kondisi psikis pegawai dari rasa shock dan pihaknya mencoba untuk mendukung baik dari sisi logistik maupun keamanan.

“Saya sangat menghargai dan sangat terharu melihat semua jajaran Kementerian Keuangan dalam suasana darurat masih berusaha melaksanakan tugasnya secara committed dan luar biasa. Saya sangat bangga, sangat terharu, tadi saya melihat kantor yang membuka layanan di halaman secara temporer, tapi tetap memiliki api semangat untuk melayani yang luar biasa. Dan ini adalah suatu hadiah yang luar biasa buat saya. Semangatnya luar biasa dari anda semua. Saya sangat berterimakasih saya ingin menyampaikan kepada anda semua rasa terimakasih kami,” ucap Sri Mulyani yang disambut tepuk tangan meriah dari para pegawai Kementerian Keuangan yang hadir.

Menkeu menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung seluruh masyarakat yang terkena dampak agar bisa bangkit kembali dan segera pulih. Kementerian Keuangan juga bekerjasama dgn Kementerian/Lembaga lain juga Pemerintah Daerah agar segera melakukan perencanaan dalam rangka melakukan pembangunan, rehabilitasi dan rekonstruksi dari keseluruhan perumahan rakyat, infrastruktur fasilitas umum, fasilitas sosial, dan insfrastruktur lainnya.

Sri Mulyani berpesan pada seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Lombok untuk tetap bersemangat dan berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Ini adalah waktu-waktu yang memang sangat berat, namun saya yakin kalau jajaran Kemenkeu memiliki mental, memiliki ketabahan, memiliki komitmen yang luar biasa. Saya yakin kita semua bisa melewati waktu-waktu yang tidak mudah ini secara bersama. Insya Allah kita akan terus memonitor dan saya sdh minta agar pembangunan kembali berbagai fasilitas kantor akan segera di mulai. Semoga kita semua segera mendapatkan suatu jalan yang mudah dan baik untuk bisa membangun kembali NTB dan Lombok khususnya, serta masyarakat seluruhnya,” tutup Sri Mulyani.

Dalam kondisi Pulau Lombok yang belum menentu akibat gempa yang sesekali mengguncang, kedatangan Menkeu serta Dirjen Kekayaan Negara, serta jajaran Eselon I Kemenkeu yang lain tentu harus mendapatkan apresiasi. Pimpinan yang sudi mendatangi kantor vertikal di daerah yang terkena bencana sudah pasti akan menyuntikkan semangat bagi seluruh pegawai. Semoga dengan kedatangan Jajaran Pimpinan Kementerian Keuangan ini dapat mengakhiri seluruh rentetan gempa yang terus terjadi. (Penulis/Foto: Humas KPKNL Mataram)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini