Sebagai pembuka tahun 2022,
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram menyelenggarakan
Rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan IV Tahun
2021 sebagai bentuk evaluasi capaian kinerja dan upaya untuk mencapai
target kinerja yang ditetapkan pada Rabu (05/01) bertempat di Aula KPKNL Mataram.
Acara ini dipimpin oleh
Kepala KPKNL Mataram, Kurniawan Catur Andrianto, dimoderatori oleh
Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Munarto dan dihadiri oleh seluruh
Kepala Subbag/Seksi, Jafung dan pelaksana di lingkungan KPKNL
Mataram.
DKO merupakan komunikasi formal
antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai dibawahnya
untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko, dan rencana aksi
organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkala sesuai dengan
periode yang telah ditetapkan.
Dalam arahannya, Catur menyampaikan
pentingnya rapat DKO triwulanan karena kegiatan tersebut merupakan
amanat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 590/KMK/01/2016 tentang Pedoman
Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. Menurutnya kegiatan DKO ini
bertujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja triwulan IV, mengetahui
isu utama permasalahan beserta implikasinya, serta mengevaluasi aksi yang telah
dilakukan, mengidentifikasi akar masalah secara komprehensif dan membuat
rencana aksi yang detail agar kinerja tercapai secara maksimal.
Dalam paparannya, Munarto menampilkan
data capaian kinerja masing-masing seksi/subbagian hingga Triwulan IV
Tahun 2021. Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Mataram untuk tahun 2021
telah tercapai dengan total nilai sebesar 113,17%. Kemudian peserta
rapat diberikan kesempatan untuk memberikan penjelasan lebih detail mengenai
capaian kinerja, permasalahan dan kendala dalam pencapaian target yang
ditetapkan. Dan peserta lainnya diberi kesempatan memberikan tanggapan dan
masukan.
Selanjutnya, Catur memberikan arahan dan solusi terhadap permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pencapaian target yang ditetapkan. Seluruh pegawai KPKNL Mataram diminta untuk bisa memahami seluruh proses bisnis yang berkaitan dengan pencapaian kinerja dan agar evaluasi ini dapat dijadikan momen belajar bersama untuk terus meningkatkan kinerja dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders. Sebagai penutup, Catur berharap dan memotivasi seluruh pegawai untuk mempertahankan kinerja yang sudah baik dan meningkatkan lagi di tahun 2022.
Teks : I Gde Nengah Tri Prasetya. Foto : Emanuel
Anya Wintang Mahinji