Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Lelang Produk UMKM, KPKNL Mataram Dukung UMKM untuk Bangkit Kembali
Nur Fallah Al Amin . S
Selasa, 10 November 2020   |   287 kali

Mataram, 2 November 2020 - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram menyelenggarakan lelang non eksekusi sukarela secara daring (e-auction) untuk produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram. Bertempat di KPKNL Mataram, Yatman sebagai Pejabat Lelang membuka lelang daring yang menawarkan produk-produk dari dua UMKM di Kota Mataram tersebut.

Dua UMKM yang terlibat antara lain UMKM Nutsafir yang memproduksi kue berbahan dasar biji-bijian dan UMKM Maza yang merupakan pengrajin perhiasan mutiara. Kedua UMKM tersebut sangat antusias saat pegawai KPKNL Mataram menjelaskan perihal lelang sukarela melalui e-auction. “Terima kasih KPKNL Mataram, kami sebagai UMKM telah dibantu untuk melelang perhiasan-perhiasan di toko kami, apalagi saat pandemi ini penjualan menurun karena tidak ada wisatawan dari luar Lombok,” ujar Luberty, pengrajin perhiasan mutiara sekaligus pemilik UMKM Maza.

Lelang yang dilakukan dengan metode penawaran terbuka (open bidding) ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah. Sebelumnya, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata dalam sambutannya pada webinar yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan judul “Digitalisasi Layanan Lelang Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Ayo Ikut Lelang” pada Jumat (23/10) menyampaikan, ”Terhadap UMKM, program PEN ini diharapkan dapat memperpanjang nafas dan meningkatkan kinerja yang berkontribusi pada perekonomian Indonesia.”

Isa mengatakan bahwa dalam mendukung program PEN tersebut, DJKN melalui 71 KPKNL yang tersebar di seluruh Indonesia akan mengadakan lelang produk UMKM secara digital melalui portal Lelang Indonesia yang dapat diakses melalui laman lelang.go.id. Pelaksanaan lelang sukarela UMKM ini merupakan wujud nyata upaya DJKN khususnya KPKNL Mataram dalam mendukung UMKM untuk kembali bangkit dan memberi kontribusi bagi ekonomi nasional meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini