Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
IHT KPKNL Mataram: Sinergi untuk Negeri
Siska Jayanti
Rabu, 25 April 2018   |   310 kali

Mataram – Tidak seperti hari-hari biasanya, pagi itu, Selasa (24/4), para pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram yang telah tiba di kantor mereka tidak langsung memasuki ruang kerja masing-masing. Berpakaian olahraga lengkap, mereka berkumpul di pelataran KPKNL Mataram sembari saling bercengkerama satu sama lain. Beberapa memilih menggerakkan badan, berolahraga ringan sekadar mengusir dingin yang masih terasa.


Perhatian mereka seketika teralihkan saat dari pengeras suara terdengar perintah untuk membentuk barisan di tengah lapangan. Dihadapan para pegawai telah berdiri Widyaiswara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Satria Hadi Lubis didampingi Kepala KPKNL Mataram Hendra Zulkarnain.


Dalam sambutannya, Hendra menyampaikan bahwa hari itu akan ada kegiatan In House Training yang diselenggarakan oleh DJKN bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan. Ia berharap seluruh pegawai dapat mengikuti semua arahan fasilitator dengan baik.


Selanjutnya Satria Hadi Lubis dibantu oleh Aulia Hasan staff PPSDM dan Ima Melasari, Bagian Kepegawaian Kanpus DJKN, membagi seluruh pegawai dalam enam kelompok yang masing-masing terdiri dari pejabat, pelaksana, serta pramubhakti. Satria dan timnya telah mempersiapkan berbagai permainan untuk membangun sinergi antar peserta dalam satu kelompok maupun dengan kelompok lain, seperti mengumpulkan kelereng, dan memindahkan air. Tidak hanya permainan-permainan yang harus dilakukan secara fisik, namun fasilitator menantang pegawai KPKNL Mataram untuk menyelesaikan teka-teki yang harus dipecahkan bersama-sama.


Kegiatan yang dibagi dalam dua sesi, yakni outdoor dan indoor ini diikuti dengan semangat oleh seluruh peserta. Terlihat mereka begitu bersemangat menyelesaikan berbagai tantangan. Raut ceria pun menghiasi wajah mereka. Sesekali tampak mimik sedih dan kecewa dari para peserta yang gagal menyelesaikan tantangan, namun segera berganti dengan antusiasme menyambut tantangan baru yang diberikan.


Di setiap akhir sesi, tim fasilitator selalu merangsang peserta untuk menarik kesimpulan dan hikmah dari permainan-permainan yang dilakukan. Menurut Satria, seluruh kegiatan yang dilakukan hari itu, merupakan salah satu usaha untuk melatih dan menanamkan nilai-nilai Kementerian Keuangan. “Dari beragam kegiatan yang telah kita lakukan, di antaranya untuk menanamkan lebih dalam lagi nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan,” tutur Satria.

Salah satu peserta IHT, Fitrianingsih, menyambut baik adanya kegiatan tersebut. “Sangat positif, harus rutin dilakukan, selain menambah wawasan untuk para pegawai, kegiatan seperti tadi juga dapat me-refresh pegawai yang mungkin jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Setelah hari ini selesai, besok kita akan menyambut tantangan hari dengan lebih semangat, dan tentunya terus meningkatkan sinergi untuk negeri,” ujar Fitri. (text/photo:humas KPKNL Mataram)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini