Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Lelang Itu Mudah
Siska Jayanti
Jum'at, 02 Maret 2018   |   804 kali

Mataram - Memperingati 110 Tahun lelang Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram menyelenggarakan lelang fair di pelataran parkir KPKNL Mataram. Acara yang digelar serentak pada Rabu (28/2) oleh seluruh kantor vertikal di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) ini merupakan puncak dari peringatan 110 tahun Lelang Indonesia.

Agar kegiatan puncak pekan lelang dapat berlangsung dengan baik dan meriah, KPKNL Mataram bekerja sama dan mengundang stakeholder yang berasal dari pemohon lelang (perbankan BUMN/BUMD) dan penyerah piutang agar turut berpartisipasi dalam memeriahkan puncak acara pekan lelang tersebut.

Masyarakat “gumi sasak” menyambut positif kegiatan Pekan lelang yang diselenggarakan KPKNL Mataram. Hal ini terlihat dari besarnya animo warga yang hadir di KPKNL Mataram pada Rabu (28/2). Antusiasme mereka tampak bertambah saat digelarnya lelang barang-barang kebutuhan rumah tangga secara terbuka.

Berbagai macam barang yang dilelang mulai dari tanah, mobil, sepeda motor hingga perabotan rumah tangga seperti lemari es, penghisap debu, dan televisi. KPKNL Mataram sengaja menggunakan tiga mekanisme yang ada untuk pelaksanaan lelang, yakni lelang konvensional, lelang e-conventional, dan e-auction agar masyarakat mataram mengetahui berbagai jenis pelaksanaan lelang, sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa lelang itu mudah.

Puncak acara pekan lelang ini merupakan rangkaian acara maraton yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Mataram. KPKNL Mataram telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti mini expo di dua mall besar yang ada di Mataram, berpartispiasi dalam car free day (selama dua minggu), talk show di radio (dua kali on air) dan sosialisasi lelang.

Kegiatan tersebut merupakan suatu upaya nyata dari KPKNL Mataram untuk memperkenalkan masyarakat Lombok tentang lelang. Hal ini juga sebagai upaya untuk menggerus stigma yang ada di masyarakat bahwa lelang itu hanyalah lelang untuk barang sitaan (eksekusi). Rangkaian kegiatan tersebut sekaligus mengundang mereka agar dapat hadir dan langsung ikut dalam pelaksanaan lelang. Karena untuk barang barang rumah tangga dilaksanakan lelang secara konvensional.

“Saya tertarik mengikuti lelang biar tahu bagaimana rasanya jadi peserta lelang, jadi punya pengalaman. Selama ini informasi soal lelang masih terbatas sehingga kami belum memahami tentang lelang secara jelas,” kata Ni Nyoman Sri Suwasti, warga Mataram.

Target jangka panjang yang ingin dicapai KPKNL Mataram adalah pemahaman masyarakat bahwa lelang merupakan salah satu alat transaksi jual beli yang aman, handal dan tepercaya. (Text: Siska Jayanti, photo: Tim Humas KPKNL Mataram).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini