Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Mataram > Berita
Kejar Target Revaluasi, KPKNL Mataram Gelar Sosialisasi Dan Bimtek
Siska Jayanti
Selasa, 07 November 2017   |   199 kali

Mataram - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mataram mengadakan sosialisasi dan bimbingan Teknis (bimtek) aplikasi SIMAN untuk mengejar target revaluasi BMN di aula Serbaguna KPKNL Mataram, Senin (6/11/2017).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.15 WITA ini dibuka oleh Kepala KPKNL Mataram, Hendra Zulkarnain dan dihadiri oleh seluruh satker di lingkungan BWS Nusa Tenggara I. Hendra meminta para satker untuk mengikuti sosialisasi dan bimtek secara serius agar target bisa terselesaikan. “Semoga dengan adanya sosialisasi dan bimtek ini, kendala terkait inventarisasi dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai target,” pungkas Hendra.

Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I adalah target KPKNL Mataram untuk revaluasi Barang Milik Negara tahun 2017. Sebanyak 2.832 NUP harus diselesaikan pada akhir tahun ini. Hingga saat ini, satker di lingkungan BWS Nusa Tenggara I telah menginventarisasi sebanyak kurang lebih 2.200 NUP. Ditargetkan pada minggu ke dua bulan Desember, revaluasi BMN dari satker di lingkungan BWS Nusa Tenggara I telah selesai hingga cetak Berita Acara Rekonsiliasi hasil inventarisasi dan Penilaian.

Pada masa awal inventarisasi, banyak sekali ditemukan kendala yang membuat KPKNL Mataram harus memberikan treatment khusus dalam menangani revaluasi BMN terhadap satker BWS tersebut. Adapun kendalanya diantaranya adalah kesalahan pencatatan kodefikasi BMN, keterbatasan SDM pada satker di lingkungan BWS untuk melaksanakan inventarisasi BMN, keterbatasan dana inventarisasi BMN, sulitnya lokasi obyek yang diinventarisasi, dan ada indikasi pencatatan ganda BMN pada satker lingkungan BWS.

Sosialisasi dan bimtek disampaikan oleh Achmad Fauzi, Pelaksana Seksi Pengelola Kekayaan Negara KPKNL Mataram. Fauzi, sapaan akrabnya, memandu para peserta bimtek mulai dari melakukan simulasi persiapan SIMAN sebelum penilaian kembali, pelaksanaan, pelaporan hingga tahap tindak lanjut yakni mencetak Berita Acara Rekonsiliasi dan upload dokumen BAR inventarisasi dan penilaian.

(Text:/Photo: Siska Jayanti).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini